Cara Membuat Risoles Mudah, Jadikan Kudapan Ini Favorit di Rumah

 

Indonesia punya banyak sekali penganan khas, mulai dari makanan berat sampai kudapan yang biasa disajikan di rumah. Berbagai kudapan ini bisa ditemukan di pasar sehingga tak jarang disebut juga jajanan pasar. Pastel, risoles, kue onde-onde, klepon, gorengan, sampai lumpia bisa ditemukan di pasar tradisional. Namun, sebenarnya jajanan pasar ini juga bisa dibuat sendiri di rumah. Seperti risoles dan lumpia, cara membuat risoles dan lumpia pun bahkan hampir sama. Kedua penganan ini sama-sama mengandung isi dan dibuat dengan cara digoreng. Namun, yang membedakan adalah cara membuat kulit lumpia dan kulit risoles karena kulit keduanya cukup berbeda. Kulit risoles bisa lebih tebal karena dicampur dengan bubuk tepung roti.

Namun, bagaimana pun cara membuatnya, jajanan pasar seperti lumpia sampai risoles selalu menjadi favorit di rumah. Penganan ini ada untuk sarapan, tersedia saat lapar pada siang hari, atau saat bosan dan ingin ngemil pada malam hari. Bahkan, untuk acara kumpul-kumpul keluarga atau acara pengajian di rumah, jajanan pasar biasa mendominasi menu sampingan yang disajikan.

Selain karena rasanya yang memang enak dan tidak bikin begah, jajanan pasar menjadi favorit karena cara pembuatan yang mudah. Cara membuat risoles, misalnya, bahkan hanya menghabiskan waktu kurang dari satu jam untuk persiapan sampai penyelesaiannya. Kali ini, kita akan lihat cara membuat risoles yang mudah dan bikin ketagihan di rumah.

 

Macam-macam risoles

Kita mungkin mengenal risoles sebagai jajanan pasar yang berbentuk lonjong pipih berwarna emas kecokelan. Kudapan ini biasa berisi berbagai macam isian, mulai dari bihun, wortel, kentang, sampai daging sapi cincang dan mayonnaise. Untuk setiap buahnya, biasanya risoles dijual dengan harga Rp1.000 sampai Rp3.000, tergantung isiannya.

Sekilas, bentuk risoles memang terlihat mirip dengan lumpia, apalagi jika kulit risoles tersebut sengaja dibuat tipis dan garing. Kalau risoles mayo alias yang diisi dengan mayonnaise, biasanya kulitnya lebih tebal dan empuk karena terbuat dari tepung terigu. Nah, risoles dengan kulit yang lebih tipis ini biasanya dijual dengan harga lebih murah. Kulitnya pun banyak dijual di pasar sehingga kamu bisa langsung menggunakannya untuk membungkus isinya.

Sebaliknya, risoles yang kulitnya lebih tebal perlu penanganan khusus untuk membuat kulitnya. Selain lebih mengenyangkan, risoles yang kulitnya lebih tebal juga tak banyak menyerap minyak sehingga lebih sehat. Tak perlu terlalu lama menyaring minyaknya, risoles ini bisa langsung disajikan tak lama setelah diangkat dari penggorengan.

 

Cara membuat risoles

Untuk membauat risoles sendiri di rumah, pertama-tama kamu harus membuat kulitnya dulu. Untuk membuatnya, kamu hanya perlu sediakan tepung terigu, susu sapi murni, telur ayam, garam, minyak sayur, dan mentega cair untuk menggoreng. Pertama, kocok telur sampai megembang dalam mangkuk, lalu tambahkan garam secukupnya sesuai selera. Kemudian, tepung terigu yang sudah disiapkan tadi dimasukkan sedikit demi sedikit ke dalam kocokan telur, lalu diaduk rata dengan tangan hingga tercapur seluruhnya dengan telur. Jangan sampai ada yang menggumpal.

Lalu, masukkan minyak sayur sedikit saja ke dalam adonan, kemudian biarkan adonan dalam suhu ruangan selama 30 menit. Pastikan kamu menutup adonannya supaya tidak ada kotoran yang masuk. Jika sudah, panaskan penggorengan, lalu tambahkan margarin untuk menggoreng. Tuang adonan ke dalam penggorengan dan lebarkan sedikit demi sedikit sampai berbentuk lingkarang seperti martabak. Jika adonan sudah berwarna kecokelatan, angkat dan tiriskan. Kulit risoles pun siap kamu gunakan.

Selanjutnya, jika sudah menyiapkan kulitnya, cara membaut risoles hanya tinggal mengisi kulit risoles dengan isiannya. Lalu, lipat kulit sampai membentuk lonjong pipih dengan isian di dalamnya dan janganlupa oleskan kuning telur sebagai perekat. Terakhir, tuang risoles ke dalam minyak panas dan angkat jika sudah kecokelatan. Risoles buatan sendiri siap kamu sajikan di rumah.

 

Bagaimana, cara membuat risoles sendiri di rumah cukup mudah, kan? Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Kalau kamu mau tahu tips mudah memasak lainnya, kamu bisa lihat diĀ https://review.bukalapak.com/food/ini-dia-cara-membuat-kulit-lumpia-yang-dijamin-antigagal-34996.

 

Sumber gambar: Love Usaha

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *