Cara Mencuci Berbagai Macam Model Baju Bayi untuk New Parents!

Salah satu hal dipersiapkan para orang tua saat anak mereka lahir adalah pakaian bayi dengan berbagai model baju bayi. Selain berhati-hati pada saat memilih model baju bayi,  hal yang tak kalah penting adalah mengetahui cara mencuci baju bayi baru lahir. Hal ini dikarenakan kulit bayi yang baru lahir adalah kulit yang masih sensitif terhadap lingkungan sekitarnya sehingga apabila pembersihan dan cara mencuci baju bayi tidak dilakukan dengan baik dan benar, akan menimbulkan masalah baru pada bayi ibu.

Berikut adalah ulasan mengenai cara mencuci berbagai macam baju bayi bagi orangtua baru!

  1. Memperhatikan bahan

Hal pertama yang harus dilakukan dalam mencuci baju bayi adalah memperhatikan bahan yang ada pada baju bayi tersebut. Hal ini disebabkan tidak semua bahan baju bayi dapat dicuci dengan mesin cuci. Contohnya adalah bahan katun lembut atau semi satin, yang justru akan rusak tekstur dan pudar warnanya apabila cara mencucinya adalah dengan dicampur pakaian lain di mesin cuci.

Oleh sebab itu, pemilihan bahan kain dan bahan baju bayi pada saat pembelian juga sangatlah harus diperhatikan agar nantinya tidak salah dalam melakukan perawatan. Pemilihan kain dan cara perawatan menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk pemilihan baju bayi.

  1. Menggunakan bahan detergent yang sesuai

Selain melakukan pemilihan bahan, hal kedua yang harus ibu lakukan saat mencuci baju bayi ibu adalah menggunakan bahan detergent yang sesuai. Hal ini dikarenakan pemakaian detergent yang asal-asalan saat mencuci baju bayi akan menimbulkan resiko alergi dan iritasi kulit pada bayi.

Saat memilih detergent khusus untuk mencuci baju bayi, upayakan agar memilih jenis detergent cair. Hal ini karena jenis detergent cair lebih mudah dibilas dan dianggap lebih aman untuk bayi dibandingkan dengen penggunaan detergent bubuk.

Setelah melakukan pencucian dengan detergent khusus untuk baju bayi, proses pembilasan baju bayi pun tak boleh dilakukan sembarangan. Setidaknya, pembilasan dilakukan sebanyak tiga kali dengan menggunakan air bersih dan air hangat, agar bakteri dan sisa detergent benar-benar tidak ada yang tertinggal pada baju.

Hal lain yang perlu ibu ketahui adalah, ibu harus menghindari adanya penggunaan pelembut pakaian karena tidak semua bayi tahan dengan bahan kimia yang ada di dalam konsentrat.

  1. Suhu air

Dalam pencucian baju bayi yang baru lahir, telah dijelaskan sebelumnya adalah menggunakan air hangat. Adapun suhu air hangat yang disarankan untuk pencucian tersebut adalah berkisar antara 30 hingga 35 derajat celcius, dengan pembilasan terakhir adalah air suhu biasa.

  1. Memisahkan jenis popok kain

Salah satu komponen baju bayi adalah popok. Dalam pencuciannya, jenis popok haruslah dipisah dengan jenis baju lain. Hal ini karena popok biasanya mengandung noda dan kotoran yang lebih membandel dibandingkan dengan jenis pakaian bayi lain. Untuk pencucian popok, detergent yang disarankan adalah detergent khusus (bukan detergent dengan bahan kimia) dan air hangat.

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam pencucian popok adalah saat popok terkena kotoran bayi disarankan untuk tidak merendamnya dengan air dan detergen karena hal tersebut hanya akan membuat kotoran menyebar ke seluruh bagian popok dan akan jadi susah dihilangkan.

Cara yang benar adalah gunakan sabun mandi batangan pada bagian noda popok lalu kucek hingga noda hilang. Terakhir cuci popok dengan cara biasa.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *