Cara Menghapus Akun Gmail, Kemudahan Digital?

Prediksi bahwa segala yang tercetak pada nantinya akan digantikan oleh yang digital mungkin saja saat ini masih mengalami hambatan karena penentangan dari generasi lama yang terpaku dan terbiasa pada yang serba cetak. Generasi yang terlahir pada era transisi dari cetak ke digital mungkin akan menakar ulang tentang digitalisasi. Namun, bagaimana dengan generasi yang terlahir pada era yang didominasi pada era digital nanti? Proses digitalisasi yang paling terlihat adalah pada korespondensi. Korespondensi cetak mulai ditinggalkan dan diganti dengan korespondensi digital, meskipun beberapa pihak atau instansi masih mempertahankannya guna menyimpan bukti arsip. Email menjadi marak. Tak jarang perusahaan kaliber besar membuat domain sendiri sebagai media korespondensi di kantornya. Bukti semakin bergesernya era korespondensi dari cetak ke digital adalah dominasi Gmail. Gmail bahkan hampir dimiliki sebagian besar pengguna surat elektronik. Cara membuat akun Gmail yang mudah hingga banyaknya akses yang bisa dijangkau karena integrasi Gmail dengan beragam aplikasi digital adalah alasan banyak orang menggunakan layanan surat elektronik ini.

Cara buat akun Gmail itu sendiri memang dapat dipelajari, bahkan dari anak kecil yang belum bisa mengoperasikan gawai ataupun komputer secara mumpuni. Mereka cukup diajarkan membuat melalui gawai, smartphone, dan mereka pun akan mengerti dan mengulanginya.

Gmail dapat dibuat melalui gawai memang atau perangkat lain yang dapat mengakses web. Kamu tinggal buka alamat www.mail.google.com dan kamu akan di antarkan pada muka halaman. Klik buat akun atau sign up. Lalu kamu akan dihadapkan pada pengisian data. Memang ada pernyataan untuk mengisi data secara tepat dan benar, tetapi kadangkala ini sering diabaikan sehingga orang dengan identitas tertentu dapat dengan sesuka hati membuat akun lebih dari 1. Setelah pengisian data, kamu akan dihadapkan pada konfirmasi dan kamu bisa mulai masuk ke laman surat elektronik dari Google ini. Mudah bukan? Daripada harus menyiapkan kotak pos atau mungkin bepergian ke pos terdekat untuk berkirim surat.

Kemudahan dalam pembuatan akun Gmail ini dan kemudahan mengakses aplikasi online karena sistem Google yang terintegrasi dengan beberapa aplikasi kadang membuat spam atau spyware mudah masuk ke email kamu. Selain itu, potensi penipuan pun semakin besar. Nah, ketika hal yang paling buruk menimpa kamu melalui akun Gmail kamu, kamu bisa seketika menghapus akun gmail kamu itu.

Cara menghapus akun Gmail pun cenderung mudah, semudah membuatnya. Kamu cukup memperhatikan beberapa langkah berikut.

  1. Kamu harus login kembali ke akun surel dari Google ini.
  2. Kamu klik bagian kanan atas dan pilih “setting” atau “pengaturan”. Jika keluar tampilan pengaturan, kamu pilih yang paling bawah, yakni “Account management” atau “pengelolaan akun”.
  3. Kamu selanjutnya bisa memilih “delete Google account and data” atau “Hapus data dan akun Google”.

  1. Sekali lagi kamu akan diminta konfirmasi dengan cara login ke akun kamu.
  2. Lanjutkan dengan klik “Hapus Akun” atau “Delete Akun” ketika kamu melihat laman peringatan untuk bertanggung jawab jika masih ada transaksi yang harus kamu selesaikan.

  1. Di akhir, kamu akan melihat laman perpisahan dari Google yang menyatakan kesedihan Google karena kamu telah menghapus akunmu.

 

Cara menghapus akun Gmail seperti di atas sangatlah simpel untuk dipelajari. Karena kemudahan membuat dan menghapus akun Gmail ini, setiap orang bisa dengan mudah berkorespondensi dan berbagi baik melalui surel ataupun aplikasi yang bisa diakses melalui akun Gmail tersebut.

Namun, kemudahan ini memang masih mengandung celah yang menimbulkan potensi kejahatan atau cybercrime. Karena itu, apakah kemudian digitalisasi benar-benar akan menggeser layanan cetak? Sampai keamanan atau sekuritas dan dunia siber dapat dibenahi, mungkin layanan cetak akan terus dimanfaatkan.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *