Cara Menghapus Akun Gmail Secara Permanen

Cara Menghapus Akun Gmail Secara Permanen

Siapa sih yang tidak mempunyai alamat surat-menyurat secara online di era teknologi informasi ini? Perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat memaksa segala aktivitas yang pada mulanya dilakukan secara manual dengan menggunakan kertas ini sedikit demi sedikit beralih ke surat elektronik atau email. Mulai dari percakapan dan surat pribadi, surat lamaran, hingga surat resmi sekarang ini dilakukan secara online melalui email. Selain menghemat kertas dan waktu tempuh (sampai ke alamat) lebih cepat, email juga dianggap lebih memudahkan koneksi antarpenerima dan mengirim surat. Bahkan, hampir setiap instansi mempunyai domain sendiri yang menyediakan alamat surat-menyuratnya, mulai dari kampus hingga perkantoran. Kamu tentunya sudah mempunyai alamat email juga bukan? Jika belum, kamu bisa membuatnya dengan mudah kok. Misal, menggunakan domain Gmail. Kamu cukup buka alamat Gmail dan ikuti tuntunan cara buat akun Gmail yang secara tidak langsung terpampang pada laman tersebut. Setelah itu, kamu akan mempunyai akun atau alamat Gmail kamu tentunya.

Cara membuat email gratis tidak hanya melalui Gmail saja pastinya. Walaupun, memang, Gmail saat ini adalah domain surel yang paling populer dan banyak diminati oleh berbagai kalangan. Sebab, saat ini sistem Android pun mewajibkan kamu menguasai perangkat tersebut dengan akun Gmail. Dengan masuk melalui akun Gmail, perangkat kamu akan secara tidak langsung terintegrasi dengan akun Google dan fasilitas yang ditawarkannya.

Cara lain membuat email gratis bisa melalui domain, seperti rocketmail, yahoo.com, maupun domain lain. Kamu bisa memulai membuka domainnya dan membuat alamat email sesuai kebutuhan kamu.

Meskipun alamat email itu praktis, terkadang, kendala dan gangguan dalam hal sekuritas alamat tetap saja terjadi. Misalnya ada spam, virus, ataupun alamat kamu secara tidak langsung di-hack oleh orang lain. Pasti sangat mengesalkan bukan? Seketika rasanya ingin menghapus segala alamat email untuk mengembalikan sekuritas atau privasi kamu.

Nah, jika kamu ingin menghapusnya, caranya juga tidak sulit, layaknya kamu membuatnya. Misalnya saja jika kamu punya alamat email dengan domain Gmail. Cara menghapus akun Gmail tersebut tinggal mengikuti beberapa tuntunan yang ada di domain tersebut. Namun, jika kamu tetap kesulitan, kamu bisa ikuti beberapa langkah yang kami tawarkan, sebagai berikut.

  1. Langkah pertama, pastinya, kamu login dahulu ke akun Gmail yang ingin kamu hapus.
  2. Setelah itu, kamu dapat membuka halaman: https://www.google.com/settings. Kamu bisa scroll sampai ke bawah dan lihat bagian “Account management/ pengelolaan akun”.
  3. Lanjutkan dengan mengeklik “Delete Google Account and data/ Hapus data dan Akun Google.
  4. Jika langkah tersebut sudah dilakukan, biasanya kamu akan diminta kembali untuk login ke akun yang akan kamu hapus tersebut.
  5. Jika kamu menemui field yang isinya peringatan akan transaksi yang pernah kamu lakukan melalui akun tersebut, misalnya transaksi pembayaran atau tagihan lain, kamu klik HAPUS AKUN/ DELETE ACCONT. Kamu pun harus bertanggung jawab jika memang punya transaksi yang harus kamu selesaikan terlebih dahulu.
  6. Terakhir, kamu akan menemukan halaman dengan tampilan “Kami sedih melihat Anda pergi” serta informasi cara memulihkan kembali akun kamu jika ternyata itu tidak sengaja terhapus. Tanda tersebut menjadi bukti kalau kamu sudah berhasil menghapus akun kamu.

Itu tadi cara menghapus akun Gmail yang dapat kami tawarkan untuk kamu. Kami sendiri tidak bisa turut bertanggung jawab atas segala akibat yang ditimbulkan jika kamu menghapus akunmu secara permanen. Mungkin kamu akan kehilangan data-data kamu. Karena itu, kamu harus benar-benar pikirkan secara matang sebelum kamu mau menghapus akun email kamu.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *