Ciri-ciri Kosmetik Yang Mengandung Merkuri

Kosmetik merupakan hal yang tidak boleh ketinggalan bagi setiap wanita. Dengan menggunakan kosmetik, mereka bisa tampil lebih cantik dan percaya diri. Seperti yang kita tahu bahwa segala hasil membutuhkan proses. Misalnya jika anda ingin memutihkan kulit, tentunya tidak akan langsung putih, namun membutuhkan proses yang lumayan panjang. namun terkadang bagi sebagian orang ingin hasil yang instan, maka tidak heran jika sekarang banyak kosmetik yang mengandung merkuri yang dijual dipasaran. Hal ini tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Sebaiknya pilihlah produk yang aman, karena tidak sedikit daftar kosmetik bpom yang bisa anda pilih, dimana produk tersebut sudah melalui uji klinis sebelum diedarkan ke pasaran sehingga lebih aman untuk digunakan. Dalam hal ini anda harus lebih jeli terhadap produk kosmetik. Agar anda tidak salah memilih, berikut ini ada beberapa ciri-ciri produk kosmetik yang mengandung merkuri, diantaranya:

        1. Perhatikan tekstur

Hal pertama yang bisa anda lihat dengan jelas kosmetik yang mengandung merkuri adalah dari teksturnya. Misalnya produknya berupa krim, teksturnya akan lebih lengket jika kita sentuh dengan tangan ataupun alat. Hal yang membuat lengket tersebut karena merkuri memiliki sifat logam dimana memiliki daya ikat yang kuat sehingga mampu mengikat ion merkuri di dalamnya. Meskipun kebanyakan krim merkuri sering di campur dengan bedak dingin dengan alasan agar lebih encer, namun tetap saja teksturnya akan tetap lengket berbeda dengan produk krim yang lainnya. Selain itu produk yang mengandung merkuri akan terlihat mengkilap karena memang kandungan logamnya yang tinggi.

         2. Perhatikan warna

Selain dari tekstur, anda juga harus memperhatikan warna dari kosmetik. Untuk produk yang mengandung merkuri biasanya memiliki warna pekat. Contohnya pada krim malam yang berwarna kuning, dan krim siang yang berwarna putih. Mau warna apapun pasti akan terlihat mengkilap seperti mengandung minyak. Padahal mengkilap tersebut terbuat dari kandungan merkuri yang bersifat logam tadi. Selain itu apapun warnanya, tetap saja tidak akan terlihat menyatu baik yang lengket maupun yang kasar.

       3. Mengandung zat-zat berbahaya lainnya.

Krim yang mengandung merkuri biasanya mengandung zat-zat yang berbahaya lainnya. Untuk anda yang suka menggunakan krim, pastinya tidak akan tahan terhadap sinar matahari,  selain menimbulkan rasa panas juga akan menimbulkan gatal dan iritasi. Untuk mencegah itu semua, krim merkuri akan ditambah dengan zat anti iritasi atau sejenisnya untuk menyamarkan rasa perih, panas dan gatal tersebut. Namun perlu anda ketahui bahwa zat anti iritasi tersebut mengandung steroid yang berbahaya bagi kesehatan kulit dan tubuh.

        4. Proses pencerahan kulit lebih cepat

Inilah yang membuat orang lebih tertarik menggunakan krim berbahan merkuri. Karena proses pencerahannya terbilang paling singkat yaitu antara 3 sampai 2 minggu. Padahal proses pemutihan merkuri bukannya menutrisi atau meregenerasi kulit dengan baik, namun merusak lapisan kulit epidermis tanpa memberinya nutrisi sehingga kulit kita tidak berprotein lagi. Selain itu kulit yang terkena merkuri akan mematikan sel melanin yang terdapat dalam kulit yang mana berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar matahari secara alami. Maka tidak heran jika anda yang menggunakan krim suka merasa kepanasan jika terkena sinar matahari dan terlihat memerah.

Itulah beberapa ciri produk kosmetik yang mengandung merkuri. Untuk info lebih lanjut anda bisa baca selengkapnya, Baca disini.Untuk itu anda harus lebih berhati-hati lagi dalam memilih kosmetik, agar bisa tampil cantik alami, bukannya merusak tubuh.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *