Coba Olahan-Olahan Udang Lezat ala Rumahan Ini Yuk

anissdairy

Sebagai salah satu makanan yang berasal dari laut, udang memiliki kandungan protein tinggi dan dapat meningkatkan perkembangan otak anak. Apalagi, rasanya amat sangat gurih, mudah untuk diolah, serta dibersihkan. Di Indonesia sendiri,  ada berbagai jenis olahan udang, seperti misalnya udang saus Padang.

Apabila kamu berniat untuk mempersiapkan menu spesial untuk keluarga, olahan udang juga dapat menjadi ide yang baik buatmu. Seperti apa sih olahan-olahan udang yang lezat dan juga amat mengenyangkan? Yuk, lebih baik kita simak inspirasinya di bawah ini.

1. Udang Asam Manis

Salah satu resep olahan udang dengan rasa yang paling disukai banyak orang dan juga mudah diolah adalah udang asam manis. Udang asam manis dibuat dengan menggunakan bumbu saus yang dicampur dengan tepung maizena, potongan cabai, serta bawang bombai.

Sebelumnya, udang dikupas dan dilapisi dengan tepung, kemudian ditumis dengan saus tersebut. Rasanya sangat unik — ada campuran antara asin pada udang serta rasa manis pada saus. Apabila dimakan dengan nasi hangat atau mie kuning, wah akan sangat mengenyangkan dan membuat lidah bergoyang bukan?

Well, tidak perlu pergi ke restoran Mandarin bukan untuk menyantap sajian udang asam manis, karena kamu pun bisa membuatnya sendiri di rumah. 

2. Bakwan Udang

Udang juga bisa dijadikan camilan. Salah satunya adalah pada masakan bakwan udang. Ya, siapa sih yang bisa menolak kelezatan bakwan? Camilan ini merupakan camilan sejuta umat di Indonesia. Di setiap warung, camilan bakwan pasti akan selalu tersedia.

Cara membuat bakwan udang ini sangat mudah. Kamu hanya tinggal mencacah udang kecil-kecil, mencampurnya dengan bahan-bahan lain termasuk tepung terigu khusus bakwan, kemudian digoreng. Bakwan udang ini memang tinggi kalori, tetapi gizinya juga cukup tinggi kok.

3. Udang Goreng Tepung

Salah satu masakan dengan bahan dasar udang yang terkenal adalah udang goreng tepung. Ya, udang goreng tepung amat sangat mudah untuk disajikan dan tentunya tidak perlu menghabiskan waktu yang lama untuk dimasak. Jadi, kalau kamu bingung mengenai makanan apa yang sebaiknya kamu bawa untuk bekal, kamu bisa mencoba udang goreng tepung.

Pertama-tama, bersihkan terlebih dahulu udang, buang ekornya, kemudian celupkan pada tepung roti. Setelah itu, goreng udang hingga berwarna kuning keemasan.

4. Udang Saus Cumi

Kamu juga bisa lho, mencampurkan udang dengan saus cumi hitam. Ya, rasanya pun tak kalah lezat, apalagi bila kamu juga turut menghadirkan cumi di dalamnya. Wah, kandungan proteinnya pasti akan sangat banyak dan tentunya akan sangat bermanfaat buatmu.

Caranya, pertama-tama, siapkan bumbu hitam cumi, kemudian tumis udang yang telah dikupas di dalam bumbu tersebut. Setelah itu, sajikan bersama nasi hangat dan juga mie kuning.

Itulah beberapa masakan berbahan dasar udang yang bisa kamu coba di rumah. Namun, sebelum memasak udang, sebaiknya perhatikan beberapa hal ini.

Yang pertama, apakah kamu memiliki alergi terhadap makanan laut? Udang merupakan salah satu pemicu alergi makanan laut yang paling besar dan dapat menyebabkan efek buruk seperti gatal-gatal dan juga bersin bagi anak atopik (alergi gatal kulit).

Yang kedua, periksa berapa kadar kolesterol dalam tubuhmu. Kamu bisa memeriksakannya melalui pemeriksaan sederhana di apotek atau pemeriksaan yang lebih kompleks di laboratorium. Hati-hati, meskipun kandungan proteinnya tinggi, tetapi udang juga tinggi kolesterol lho. Kalau kadar kolesterolmu terlalu tinggi, lebih baik hindari saja makanan seperti udang, cumi, dan seafood lainnya, karena alih-alih menyehatkan, mengonsumsi udang justru akan berbahaya buatmu.

Baca juga di sini https://review.bukalapak.com/food/butuh-20-menit-saja-membuat-resep-udang-saus-padang-ini-jadi-nyata-41008

Nah, selamat makan dengan sehat ya!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *