Cobain Yuk Resep Kroket Kentang dengan dan Tanpa Olahan Kulit Lumpia

Dapurkomplit

Hari berganti hari, bulan berganti bulan, tidak terasa sudah akhir tahun saja ya. Sebentar lagi akan ada hari libur cukup panjang yang bisa dimanfaatkan untuk berkumpul bersama keluarga besar. Momen seperti ini tentu tidak boleh dilewatkan. Bercengkerama satu sama lain dan menciptakan atmosfer yang hangat. Untuk menemani momen seperti ini, pastinya perlu dilengkapi dengan aneka macam hidangan, baik masakan berat maupun jajanan ringan yang bisa menambah kehangatan dalam keluarga. Perihal makanan ringan, resep kroket kentang sepertinya adalah hidangan paling cocok. Mengingat bahwa jajanan ini sangat digemari oleh hampir semua orang karena rasanya yang begitu lembut, gurih, dan mengenyangkan, ditambah isian yang menggugah selera.

Baca di sini: https://review.bukalapak.com/food/resep-kroket-kentang-lembut-kentangnya-pas-dengan-isian-daging-lezatnya-33043

Sekilas, kroket kentang memang tampak seperti makanan khas yang dilahirkan oleh orang Indonesia sendiri. Namun, fakta sesuai historisnya, kroket kentang adalah makanan adopsi dari Perancis lho. Kok bisa sampai ke Indonesia ya? Usut punya usut, ternyata Belanda adalah pelaku yang membawa makanan ringan ini ke Indonesia pada masa penjajahan dulu.

Tidak segampang sekarang, zaman dahulu untuk memakan kudapan kroket kentang harus menjadi anak bangsawan dulu. Untuk warga biasa bahkan orang jelata, kroket kentang dianggap terlalu mewah untuk mereka. Maka, bersyukurlah Anda yang bisa dengan bebas menyantap kudapan ini tanpa perlu menjadi anak pejabat terlebih dahulu.

Ngomong–ngomong soal varian rasa, isi kroket memang banyak macamnya. Ada kroket isi suwiran daging ayam, kroket isi sayuran, isi wortel, ada juga yang berisi jamur. Namun, untuk mendapatkan yang sesuai keinginan, alangkah baiknya jika Anda membuat kroket kentang sendiri.

Memang sih, penjual kroket kentang sudah begitu menjamur alias sangat banyak, dengan harga terjangkau pula. Namun, untuk momen yang spesial, bukankah sangat sayang jika kudapan yang dihidangkan tidak istimewa sama sekali?

Lebih baik membuat kroket sendiri. Selain bisa lebih irit, pastinya juga menjadi lebih romantis karena dibuat dengan rasa cinta yang tumpah ruah.

Nah, simak resep membuat kroket kentang rumahan yang enak dan lembut dengan isi wortel berikut ini.

Catatan: porsi keluarga
1250 gram kentang (potong kecil–kecil seperti dadu)
1 butir telur (kuningnya saja)
2 sendok makan tepung terigu
Tepung panir
¼ kilogram wortel (potong kecil–kecil)
Keju Chedar sesuai selera
1 saset kaldu ayam
1 butir putih telur

Bahan halus :
4 siung bawang putih
1 sendok teh merica
1 sendok teh garam

Langkah–langkah membuat kroket kentang:
Goreng kentang yang telah dipotong dadu, lalu haluskan. Rebus wortel yang sudah dipotong kecil–kecil.
Masukkan kentang yang telah dihaluskan ke dalam wadah, campur dengan wortel yang telah direbus, kuning telur, parutan keju Chedar, kaldu bubuk, dan juga bumbu halus.

Tambahkan terigu dalam adonan, aduk sampai tercampur rata, pastikan teksturnya sudah pas untuk dibentuk bola–bola. Cicipi adonan siapa tahu kurang asin atau kurang pedas. Bentuklah adonan menjadi bola–bola. Setelah itu, gulingkan kroket kentang ke tepung terigu, lalu celupkan ke tepung panir. Ulangi kegiatan tersebut sampai semua adonan habis. Diamkan sebentar di dalam lemari dingin. Gorenglah bulatan kroket kentang ke dalam wajan yang berisi minyak yang tidak terlalu panas. Sajikan di atas piring cantik, jangan lupa tambahkan cabai di atas masing–masing bulatan untuk mempercantik tampilan.

Selamat menikmati kroket kentang di hari liburan saat akhir tahun bersama keluarga. Semoga suka! Oh ya, kalau kamu tidak punya banyak waktu, kamu juga bisa lho menggunakan olahan kulit lumpia untuk melapisi kroket kentang. Simpel, bukan?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *