Daftar Menu Makanan dan Minuman Kuliner Yogyakarta Khas Keratonan

Jika mendengar kota istimewa seperti Yogyakarta pasti akan banyak hal yang bisa diungkapkan, dari mulai tempat wisatanya, budayanya, sampai dengan kuliner Yogyakarta yang sangat sayang jika dilewatkan. Dapat dikatakan tidak lengkap jika Anda berwisata di kota Yogyakarta tidak menikmati beragam kuliner khas keratonannya. Beragam jenis makanan dan minuman yang dapat Anda nikmati seperti halnya makanan para raja dan ratu di kerajaan. Bahkan di Yogyakarta juga tersedia rumah makan khusus yang menjual beraneka ragam menu yang sering disajikan dalam keraton.

Untuk Anda pecinta kuliner sangat disarankan untuk menikmati beragam jenis makanan olahan khas keraton Yogyakarta tersebut. Nah, berikut ini beberapa macam, makanan dan minuman yang dapat membuat Anda selalu ingin kembali ke kota dengan julukan Kota Gudeg ini yaitu:

  • Bebek suwar-suwir.

Makanan khas keraton ini merupakan salah satu kreasi yang dihasilkan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX pada saat belanjar di Belanda. Tidak heran jika itu merupakan salah satu makanan favorit beliau, walaupun begitu Anda sebagai orang umum tetap bisa merasakan masakan khas keraton tersebut. Makanan ini berbahan dasar dari daging bebek, kemudian diolah menggunakan kedondong dan disajikan bersama saus yang terbuat dari kedondong.

  • Wedang uwuh.

Selain makanan ada juga minuman khas keratonan yang sangat terkenal dan diberi mana wedang uwuh. Uwuh sendiri dalam artian bahasa Indonesia berarti sampah tetapi jangan berfikir jelek terlebih dahulu mengenai minuman khas kuliner Yogyakarta ini. Karena tampilannya yang berantakanlah, penuh dengan rempah atau dedaunan yang menyebabkan wedang tersebut disebut dengan uwuh.

Simak juga beberapa kuliner khas nusantara yang mesti kamu cobain. Baca selengkapnya di bumburesep.org

  • Beer jawa.

Ada lagi dari jenis minuman yang sering disajikan dalam hidangan khas keratonan, jangan pernah khawatir jika Beer jawa tersebut dapat memabukkan Anda. Karena minuman ini tidak berbeda jauh dengan wedang uwuh yang terbuat dari berbagai rempah-rempah dasar khas Indonesia.

  • Gudeg manggar.

Tidak boleh ketinggalan jika membahas mengenai kuliner daerah istimewa Yogyakarta tetapi tidak menyebutkan gudeg. Makanan ini merupakan olahan yang terbuat dari pohon manggar dengan bunga pohon kelapa. Dan ini adalah salah satu makanan kegemaran dari Putri Pembayun yang merupakan putri dari Pasembahan Senopati. Rasanya makanan sangat mempunyai ciri khas, jadi sayang jika Anda tidak mencicipi saat berkunjung di Yogyakarta.

Walaupun Yogyakarta lebih terkenal dengan gudegnya tetapi bukan berarti kota istimewa tersebut tidak mempunyai menu makanan dan minuman khas lainnya. Jadi sangat disarankan untuk tidak melewatkan berbagai kuliner Yogyakarta baik dari makanan maupun minuman khasnya yang banyak ditawarkan diberbagai rumah makan ataupun restaurant dikota tersebut. Tetapi jika Anda menginginkan untuk menikmati makanan khas keratonan baru hanya beberapa rumah makan saja yang menyediakan.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *