Daftar Perlengkapan Bayi Yang Harus Disiapkan

Sebagai calon orang tua yang sedang menunggu kelahiran sang buah hati seringkali bingung dalam memilih dan menentukan perlengkapan bayi dan juga untuk ibunya. Dalam mempersiapkan kelahiran bayi adalah hal wajib yang harus dilakukan oleh pasangan suami istri yang sudah memasuki usia kehamilan sekitar tujuh bulan. Sebaiknya ketika masih bayi yang di dalam kandungan masih berusia satu hingga lima bulan jangan terburu-buru dalam menyiapkan perlengkapan bayi, karena banyak orang yang menganggap hal tersebut belum waktunya untuk calon orang tua mempersiapkan semuanya. Oleh karena itu, disarankan lebih baik mempersiapkan perlengkapan kebutuhan bayi saat usia kehamilan tujuh bulan.

Persiapan yang dilakukan mencakup dari segi fisik dan psikis baik untuk ibu maupun bayinya. Bayi yang baru lahir memang membutuhkan banyak sekali pakaian dan juga perlengkapan lainnya, akan tetapi jangan membeli semua barang untuk si kecil karena terkadang terdapat beberapa peralatan yang hanya dipakai sebentar saja. Jadi lebih baik memilih membeli kebutuhan bayi yang penting dan sering digunakan agar dapat membeli kebutuhan yang lainnya. Nah, berikut ini daftar perlengkapan bayi yang harus disiapkan ketika menjelang melahirkan.

  1. Popok kain

Hal utama yang harus disiapkan adalah popok kain, karena bayi baru lahir pasti akan buang air kecil dan besar lebih sering dibandingkan orang dewasa. Popok kain justru lebih aman dan untuk menghindari masalah kulit pada bayi seperti iritasi kulit atau ruam popok.

  1. Baju bayi

Memilih baju bayi yang berbahan katun atau yang nyaman untuk bayi, sehingga bayi tidak kepanasan atau kedinginan saat memakainya.

  1. Celana bayi

Sediakan celana pendek dan celana panjang untuk bayi agar bayi lebih merasa nyaman.

  1. Sarung tangan dan kaos kaki

Tujuannya yaitu supaya bayi tetap merasa hangat, sarung tangan juga bisa mencegah agar kuku bayi tidak menggores kulit wajahnya.

  1. Bak mandi bayi

Bak mandi untuk bayi terdapat beberapa jenis seperti bak mandi bayi lipat, bak mandi bayi duduk, maupun bak mandi bayi yang panjang yang biasanya digunakan oleh banyak orang. Gunakan perlengkapan mandi bayi yang aman agar ketika memandikan bayi Anda merasa nyaman. (baca selengkapnya di sini)

  1. Waslap dan handuk

Fungsi dari waslap yaitu untuk menyeka kulit bayi saat mandi, sedangkan handuk untuk mengeringkan badan bayi setelah mandi. Pilihlah keduanya dengan bahan yang lembut.

  1. Sabun, shampo, minyak telon, dan baby cream

Pilihlah sabun khusus bayi yang tidak mengandung pewangi, dan juga pilihlah shampo bayi yang tidak perih ketika terkena mata bayi. Untuk minyak telon dan juga baby cream pilihlah sesuai selera Anda untuk memberikan rasa hangat setelah mandi.

  1. Perlak

Perlak dibutuhkan agar untuk tempat tidur bayi agar tidak basah apabila bayi ngompol saat tidur, sehingga sprei tidak akan terkena basah.

  1. Kain bedong

Fungsinya yaitu untuk membedong bayi, karena ketika bayi dibedong dapat membuat bayi tidur lebih nyaman dan nyenyak.

  1. Tempat tidur bayi

Anda harus benar-benar memilih tempat tidur bayi yang kuat dan aman untuk bayi, pilihlah kualitas yang sangat baik.

Menyiapkan keperluan bayi sesuai dengan kebutuhan justru akan lebih penting dibandingkan membeli semua keperluan bayi yang ternyata tidak dibutuhkan sama sekali nantinya, pilihlah beberapa perlengkapan bayi yang sudah terpercaya aman dan nyaman agar dapat selalu digunakan dengan baik.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *