Dampak Buruk Jika Terlalu Serius dalam Bermain Medsos

Berkembangnya teknologi membuat perkembangan media sosial juga ikut naik. Medsos (media sosial) saat ini layaknya menjadi candu bagi setiap orang. Apalagi semakin banyak diciptakan inovasi dalam fitur-fitur yang semakin seru untuk dimainkan. Namun, di balik segudang manfaat dan keseruan yang diberikan medsos, banyak orang yang tidak mempedulikan dampak terburuk jika terlalu serius dalam bermain medsos.

Dampak Buruk Jika Terlalu Serius dalam Bermain Medsos

Mengurangi Produktivitas

Tanpa disadari, jika Anda terlalu serius dalam bermain medsos, keinginantahuan pun juga semakin meningkat. Rasa-rasanya tidak bisa berhenti untuk berselancar di medsos. Hal ini tentu menyita waktu yang seharusnya bisa digunakan untuk melakukan melakukan hal-hal yang sifatnya produktif, namun justru hanya membuang waktu sia-sia belaka. Alangkah baiknya jika kita bisa menyisihkan waktu yang tepat untuk bermedia sosial, misalnya saat jam makan siang ataupun saat sedang santai di rumah saja.

Selalu Ingin Tampil Wah

Sudah bukan rahasia lagi, jika dalam media sosial, hampir semua orang ingin menampilkan yang terbaik dari dirinya. Maka tampil wah sudah menjadi keharusan. Tak jarang banyak akun-akun media sosial yang mengunggah makanan di restoran mewah, foto dengan baju dan perhiasan mewah, serta masih banyak kebiasaan lainnya. Tentu jika kita terlalu lama melihat hal-hal seperti itu setiap hari, akan timbul rasa untuk mengikuti gaya tersebut.

Malas Mengembangkan Potensi

Dampak buruk lain yang mungkin muncul karena terlalu serius bermain medsos adalah menjadi malas untuk mengembangkan potensi diri. Hal ini terjadi karena Anda lebih memilih untuk duduk-duduk santai ketimbang bergerak untuk melakukan hobi. Padahal potensi diri ini nantinya berperan dalam memperbaiki kualitas hidup di masa depan. Bentuk pengembangan diri bisa berupa belajar bahasa asing, belajar keterampilan tangan, olah raga dan lainnya.

Mudah Tergoda untuk Belanja

Hampir semua media sosial kini menyediakan space iklan. Ini sangat bermanfaat bagi pemilik usaha untuk promosi, namun tidak bagi kaum konsumen. Saat berselancar di media sosial dan menemukan tampilkan produk-produk tersebut pasti akan timbul rasa untuk membeli, terlebih jika disertai dengan diskon. Bagi Anda yang menggunakan medsos hanya untuk bersenang-senang saja, sebaiknya jangan terlalu sering bermain medsos.

Menimbulkan Kecelakaan

Bagaimana bisa medsos menimbulkan kecelakaan? Tak jarang kita menemukan orang yang sedang asik ber-medsos-an sembari jalan atau mengendarai kendaraan. Tanpa disadari membuat diri tertabrak atau menabrak orang lain. Bahkan hanya untuk menampilkan foto keren di media sosial, seseorang rela berfoto ekstrim di pinggir tebing curam ataupun di gedung tinggi, berfoto dengan binatang buas yang mengancam nyawanya sendiri.

Mengundang Kejahatan

Semakin berkembang teknologi, membuat rawannya kejahatan menjadi tak terhindarkan. Di media sosial pun tidak menutup kemungkinan mengundang kejahatan. Bagaimana tidak? Sering kita mendengar pemberitaan mengenai penipuan, perampokan, penculikan, dan banyak kejahatan lainnya berawal dari medsos. Penjambretan pun juga bisa terjadi karena terlalu asik bermedia sosial di tempat umum.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *