Era Telah Berubah? Bosen Main Gadget Mulu? Berikut Mainan Tradisional Anak 90-an yang Eksis di Masanya

Kegiatan bermain sangatlah menyenangkan bagi anak-anak baik di dalam maupun diluar ruangan. Namun, anak jaman sekarang lebih asik bermain permainan di dalam ruangan bersama gadget mereka ketimbang bermain diluar. Padahal banyak sekali mainan tradisional khas indonesia yang tidak kalah seru jika dimainkan. Selain seru, permainan tradisional mengasah kelincahan dan juga membuat badan bugar hingga berkeringat. Teknologi yang semakin canggih, membuat eksistensi permainan tradisional semakin tertinggalkan. Jika kita bandingkan soal harga, mainan tradisional bisa dibilang Low budget ketimbang mainan zaman now. Ingin tahu jenis-jenisnya, berikut beberapa di antaranya.

Era Telah Berubah? Bosen Main Gadget Mulu? Berikut Mainan Tradisional Anak 90-an yang Eksis di Masanya

  1. Gasing, Kalau anda orang berkelahiran tahun 90-an ke atas, pasti sudah tidak asing lagi ketika memainkan gasing. Mungkin anak sekarang akan bingung bahkan tidak tahu dengan mainan tradisional ini. Mainan gasing sendiri terbuat dari kayu yang diruncingkan di bagian bawahnya agar bisa berputar. Aturan permainan ini sangat sederhana, hanya mengadu kecepatan putaran dari tiap gasing ketika diputarkan. Saat ini telah banyak dijual gasing dengan model lebih kekinian. Namun, terselip keasikan ketika mencoba melilitkan tali ke gasing saat akan diadu.
  2. Egrang, mainan yang sedikit memerlukan keahlian khusus untuk memainkannya. Untuk dapat menaiki mainan yang terbuat dari bambu memang gampang-gampang susah, karena anda harus memiliki keseimbangan untuk dapat berdiri dan berjalan diatasnya. Hal ini lah yang memberikan keseruan dan tidak dapat dijumpai di mainan jaman sekarang. Ironisnya, anak-anak di perkotaan dapat dipastikan tidak ada yang pernah memainkan egrang lagi.
  3. Pletokan Bambu, sesuai dengan namanya, mainan yang dapt dipastikan terbuat dari bamboo ini memiliki dua bagian, yaitu selongsong dan tongkat penembaknya. Jangan khawatir akan terluka saat memainkan permainan ini karena peluru yang digunakan terbuat dari bulatan kertas kecil yang dibasahi sehingga tidak melukai tubuh. Cara memainkannya seperti sedang menembak sungguhan, membuat anak-anak yang bermain seakan berada dalam peperangan.
  4. Batok Kelapa, kelapa yang terkenal sebagai pohon sejuta manfaat ini dapat dijadikan mainan yang sangat mengasikan. Salah satunya adalah bagian batok kelapa kering yang ternyata dapat dimanfaatkan menjadi mainan anak-anak. Cara membuatnya hanya cukup dengan dua bagian batok kelapa yang dilubangi bagian tengahnya lalu dihubungkan kedua batok dengan tali sepanjang 1,5-2 meter sesuai dengan kebutuhan.untuk memainkannya sangat mudah, hanya cukup menaiki bagian luar batok kelapa sambil berpegangan dengan talinya. Agar lebih seru, ajak teman lainnya untuk bermain bersama dan berlombalah.

Demikian tadi beberapa mainan tradisional anak 90-an yang tidak kalah seru dengan mainan anak zaman sekarang. Selamat mencoba memainkannya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *