Merasa Tidak Bisa Lepas dari Instagram? Ini Dia Fitur Instagram Terbaru untuk Mengatasinya

Berapa jam sehari yang kamu luangkan untuk membuka media sosial, khususnya Instagram? Ketika sedang menunggu bis atau kereta, kita buka Instagram untuk melihat Instastory teman-teman. Ketika menunggu antrean lift, tangan kita otomatis buka Instagram untuk cek timeline. Ketika lagi jam istirahat, kita buka lagi timeline, eh ternyata ada konten yang bagus banget, repost dong! (itu kalau kamu tahu cara repost foto Instagram, hehe). Pas lagi bosan mengerjakan tugas dari bos, tangan kita otomatis ambil HP dan tidak sengaja membuka Instagram lagi karena mau melihat berapa orang yang menyukai dan komentar di post kita.

Awalnya mungkin kita hanya berniat untuk mengecek Instagram sebentar saja. Tetapi lama-lama jari jemari ini rasanya tidak bisa berhenti scrolling dan berselancar ke sana-kemari. Padahal, ada studi yang menyatakan kalau orang-orang yang menghabiskan waktu lebih dari sejam sehari di media sosial akan lebih mudah terkena masalah emosional dan sosial.

Candu media sosial yang banyak menyita waktu penggunanya juga banyak mengambil perhatian dari para peneliti sosial dan teknologi. Banyak studi yang kemudian ‘menyalahkan’ platform media sosial yang memang sengaja membuat penggunanya candu dengan menggunakan trik-trik delusif tertentu.

Untuk merespon fenomena candu media social media yang berdampak negatif tersebut, Instagram dan Facebook mempersiapkan fitur terbaru, “My Activity.” Fitur ini memberikan informasi kepada pengguna tentang seberapa ‘candu’ dia dengan Instagram sehingga mereka bisa mengatur penggunaan Instagram dengan lebih baik. Fitur ini terbagi menjadi dua bagian.

1. Your Activity

Di sini, pengguna bisa melihat statistik berapa rata-rata yang mereka luangkan untuk membuka Instagram. Mereka bisa melihat kapan waktu-waktu yang paling rentan terhadap godaan Instagram.

Cara mengakses fitur ini adalah dengan masuk ke bagian pengaturan, kemudian masuk ke bagian “Your Activity” yang kemudian menunjukkan dashboard penggunaan Instagrammu.

2. Daily reminder

Kalau kamu merasa kaget dengan banyaknya waktu yang sudah kamu habiskan, atau kamu bertekad membatasi waktumu di Instagram, kamu bisa mengatur batas waktu tersebut. Caranya, kamu cukup mengatur berapa batas waktu yang mau kamu habiskan per hari. Kemudian, Instagram akan mengeluarkan peringatan apabila kamu sudah mencapai batas waktu tersebut.

The Verge

Ada juga fitur lain yang bisa kamu gunakan untuk menyelamatkan waktumu terbuang di Instagram terlalu lama. Kamu bisa mematikan notifikasi selama jangka waktu tertentu, sehingga kamu lebih tidak mudah tergoda untuk membuka Instagram. Caranya, kamu cukup buka pengaturan notifikasi dan pilih “mute push notification.”

Peluncuran fitur-fitur ini merupakan langkah yang cukup besar bagi media sosial populer seperti Instagram. Pasalnya, platform teknologi yang sudah cukup besar sudah menjadi kambing hitam atas fenomena ini, apalagi dihubungkan dengan besarnya pendapatan mereka dari iklan.

Banyak yang memandang tidak elok mengenai kenyataan bahwa Instagram meraup untuk besar dari penggunanya ketika di sisi lain banyak penggunanya yang mengalami masalah sosial karena kecanduan dengan platform ini. Oleh karena itu, Instagram inisiatif untuk membuat gebrakan yang lebih “bersahabat” dengan penggunanya. Terlebih lagi, riset menunjukkan bahwa aktivitas seperti komen atau membagikan sesuatu berkorelasi dengan kesejahteraan penggunanya, tetapi hal ini tidak berlaku untuk aktivitas pasif seperti scrolling. Dengan adanya fitur ini, pengguna bisa fokus meluangkan waktu untuk hal-hal yang positif saja.

Nah sekarang, kamu sebagai pengguna bisa lebih bisa mengontrol waktumu untuk scrolling timeline, membuat story, repost hal-hal menarik yang kamu temukan, atau sekedar mencari inspirasi di Instagram. Bagaimana menurutmu? Apakah kamu termasuk yang membutuhkan fitur ini?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *