GAK PERLU CALO, INI BIAYA BALIK NAMA MOBIL BEKAS

Banyaknya jenis mobil yang terus dikeluarkan oleh pabrikan, tentu menambah mobil bekas dengan harga miring yang hadir di tengah-tengah masyarakat Indonesia, otomatis mendapatkan mobil jadi lebih ringan. Tapi tunggu dulu, “mobil bekas kan perlu balik nama, pakai calo berarti tambah biaya, sama saja mahal juga”. Jangan khawatir, artikel ini akan membahas syarat balik nama mobil agar bisa dilakukan sendiri.

Mobil seken atau mobil bekas tentu menjadi pilihan beberapa orang untuk dimiliki. Selain harga miring, terkadang jika beruntung, mobil bekas telah mendapatkan tambahan aksesoris yang cantik dari pemilik sebelumnya.

Namun jangan lupa, setiap mobil bekas yang kita beli sebaiknya dilakukan proses balik nama. Hal ini untuk mempermudah kita sendiri nantinya dalam membayar pajak atau menjual kembali mobil tersebut.

Bagaimana caranya dan biaya balik nama mobil bekas? Pakai calo aja kayaknya lebih mudah, malah ngantre, prosesnya lama, bayarnya mahal, begitu pasti yang ada dalam pikiran kita. Eits… tunggu dulu. Simak uraian berikut.

Balik Nama Mobil Sendiri

Biaya balik nama mobil di setiap daerah berbeda-beda, tergantung pada peraturan pemerintah daerah setempat. Namun, alangkah baiknya sebelum memutuskan balik nama mobil bekas yang dimiliki, persiapkan dulu syarat-syaratnya.

  1. KTP Pembeli atau KTP Penjual

Dalam membeli mobil tentu ada pemilik lamanya, pastikan bahwa pembeli lamanya adalah penduduk Indonesia yang telah 17 tahun atau sudah menikah. Jangan beli mobil pada anak-anak. Bisa dipastikan bahwa yang kamu beli adalah Tamiya atau Mobil replika bus Tayo.

  1. BPKP asli dan Fotokopi

Pastikan bahwa mobil seken yang dimiliki mempunyai BPKP (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) bukan Buku Palsu Keluarga Papa. Jangan sampai mobil yang kita beli BPKP-nya ada di pegadaian, bisa dipastikan Anda bukan hanya membayar harga mobil, tapi bayar cicilan utangnya penjual.

  1. STNK asli dan Fotokopinya

Surat Tanda Nomor Kendaraan juga harus dimiliki kendaraan bekas yang kita beli. Pastikan yang diberikan oleh pembeli kepada kita adalah SKCK kendaraan yang kita beli. Jangan sampai saat mau balik nama baru sadar bahwa SKCK dan jenis kendaraanya berbeda.

  1. Kwitansi Jual Beli dan Meterai 6000

Untuk yang satu ini jangan khawatir lupa, karena biasanya, kwitansi dan materai 6000 juga disiapkan di kantor Samsat.

Harga Balik Nama


Just info, untuk biaya balik nama kendaraan sendiri, kita dikenakan beberapa pajak yang tercantum di dalam STNK, antara lain sebagai berikut.

  1. PKB

Bukan partai ya, PKB yang dimaksud di sini adalah Pajak Kendaraan Bermotor. Pajak ini biasanya sama setiap tahunnya dan telah tercantum di STNK. Namun, dapat berkurang karena faktor penyusutan harga kendaraan kita sesuai dengan usia kendaraan.

  1. BBN KB

Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor juga menjadi pajak yang harus kita bayarkan saat akan melakukan proses balik nama kendaraan. Untuk nominalnya dapat diitung sendiri, dengan rumus BBN KB = 2/3 x PKB

  1. SWDKLLJ

Ini singkatan dari Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan. Gak usah bingung, ini sudah ditetapkan pemerintah. Untuk mobil sendiri, biaya SWDKLLJ terkena biaya sebesar Rp143.000.

  1. Biaya Administrasi STNK

Sama halnya dengan SWDKLLJ, biaya administrasi STNK juga telah ditetapkan oleh pemerintah dengan biaya Rp75.000.

  1. Biaya Administrasi TNKB

Biaya terakhir yang tercantum di dalam STNK yang harus dibayar adalah biaya administrasi Tanda Nomor Kendaraan Bermotor, nominalnya biasa diangka Rp50.000.

Nah, jadi itu biaya pajak yang harus dibayar saat kita memproses balik nama mobil seken. Namun, di luar pajak yang tertera di STNK, masih ada biaya tambahan yang harus kita keluarkan.

  1. Rp30.000 untuk pengesahan hasil cek fisik.
  2. Rp30.000 untuk biaya pendaftaran balik nama STNK.
  3. Rp100.000 untuk biaya pendaftaran balik nama BPKB.

Untuk uang kopi dan rokok petugas di lapangan itu pintar-pintar kalian. Kan udah gede, udah punya mobil.

Sumber artikel: https://review.bukalapak.com/auto/mau-balik-nama-mobil-ini-cara-syarat-dan-besar-biayanya-67083

 

 

ilustrasi: Pajak Kendaraan Bermotor

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *