Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Meminjam Uang

Setiap orang selalu memiliki kebutuhan. Banyaknya kebutuhan ini terkadang tidak bisa selalu terpenuhi. Maka, berhutang adalah salah satu solusi yang selalu menjadi pilihan. Berhutang atau meminjam uang ini bukan hanya melalui badan perbankan, namun sekarang orang dapat meminjam secara online. Alasan mengapa orang berhutang pun juga cukup beragam, misalnya sebagai modal usaha, membeli barang-barang kebutuhan, ataupun untuk memenuhi keinginan akan barang mewah. Namun, sebelum memutuskan untuk mencari dana pinjaman, alangkah baiknya Anda memperhatikan hal-hal sebagai berikut.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Meminjam Uang

Mencari Informasi

Informasi adalah hal paling penting yang harus Anda miliki sebelum mengambil keputusan meminjam uang. Jika Anda hendak mencari pinjaman di bank, maka carilah informasi mengenai bank tersebut. Pastikan Anda merasa nyaman dengan semua ketentuan yang diberikan, karena nantinya Anda akan berurusan dengan pihak bank dalam kurun waktu yang lama. Usahakan juga tidak ada yang mengganjal di hati, sehingga semua syarat dan ketentuannya jelas.

Jangka Waktu Pinjaman

Dalam program pinjaman, biasanya Anda akan dihadapkan pada 3 tenor waktu pengembalian, yakni jangka pendek, menengah, dan jangka panjang. Dalam hal ini, semakin panjang jatuh tempo Anda melunasi pinjaman, maka akan semakin besar biaya yang dikeluarkan. Oleh karena itu, pastikan bahwa tenor yang Anda pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan. Anda bisa menanyakan soal tenor kepada pihak bank sebelum teken perjanjian. Usahakan untuk memilih tenor jangka pendek agar tidak semakin lama berurusan dengan pihak bank.

Bunga Pinjaman

Selain jangka waktu pinjaman, bunga pinjaman juga perlu diperhatikan. Umumnya bunga dibagi menjadi 2, yakni fixed rate dan variable rate. Fixed rate merupakan bunga cicilan yang sana dan tetap, sehingga bunga yang Anda bayarkan tidak akan berubah dari ketetapan awal, namun jika variable rate, jenis bunga yang harus Anda bayar bisa berubah-ubah atau mengambang.

Pencairan Dana

Sebelum memutuskan untuk meminjam uang, ada baiknya Anda bertanya kepada saudara ataupun kerabat yang sudah memiliki pengalaman. Salah satunya adalah untuk mengetahui proses pencairan dana. Pastikan bahwa pihak bank tersebut memiliki prosedur yang tidak berbelit-belit. Hal ini bertujuan agar Anda bisa segera menggunakan uang tersebut untuk tujuan yang sudah ditentukan sejak awal. Jika prosedur bertele-tele dan sulit dipahami, maka lebih baik Anda mencari bank lain. Atau jika memang bukan untuk sesuatu yang sangat Anda butuhkan, lebih baik tunda dulu.

Biaya Tambahan

Tidak jarang, bank menarik biaya tambahan dari peminjam untuk urusan administrasi seperti biaya aktivasi maupun denda yang terjadi karena tunggakan. Bukan tidak mungkin suatu ketika Anda mungkin saja terlambat melakukan pembayaran, sehingga hal ini menjadi penting untuk diperhitungkan. Meskipun jumlahnya tidak terlalu besar, namun Anda tetap harus mencadangkan uang agar keuangan Anda rapi.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *