Hal yang Harus Diperhatikan Saat Olahraga Balap Sepeda

Menjaga kesehatan memang harusnya dimulai dari sekarang. Oleh karena itu, makin ke sini banyak orang yang tertarik untuk berolahraga salah satunya dengan bersepeda. Bahkan ada cabang olahraga yang berkembang di masyarakat yaitu balap sepeda.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Olahraga Balap Sepeda

Mengapa Bersepeda Menjadi Pilihan?

Alat transportasi darat beroda dua ini memang sedikit mengalami kepunahan. Tidak banyak orang yang menggunakannya sebagai alat transportasi, hal ini tidak lain disebabkan karena semakin banyaknya transportasi bermesin yang bisa menempuh suatu tempat dengan lebih cepat. Namun jangan salah sangka, bersepeda memiliki banyak keuntungan, Anda bisa sekaligus berolahraga ketika menggunakannya, sepeda juga ramah lingkungan, dan bisa lebih leluasa ketika digunakan saat jalanan padat.  Hingga saat ini, olahraga dengan balap sepeda kian berkembang.

Kuasai Cara Dasar Bersepeda dengan Aman dan Nyaman

Jika Anda menjadikan olahraga bersepeda sebagai sebuah rutinitas, hendaknya Anda mengetahui bagaimana menggunakan sepeda dengan baik dan benar sehingga keselamatan Anda juga tetap terjaga. Beberapa hal harus Anda perhatikan terutama saat melakukan balap sepeda, antara lain:

  1. Bersepeda memang bukan hanya dilakukan di jalan raya, Anda bisa melakukannya di berbagai jalur seperti tanjakan. Saat melalui tanjakan Anda bisa memindahkan posisi gigi pada yang paling ringan di waktu yang tepat agar tidak terlalu berat. Jangan melakukan pemindahan gigi ke posisi paling berat karena medan yang dilalui juga berat, jika hal ini dipaksa maka bisa saja rantai sepeda Anda putus. Biarkan gigi depan dan belakang pada posisi di tengah agar tidak terjadi patah pada bagian RD saat melewati tanjakan yang berat.
  2. Saat mengendarai sepeda, pastikan Anda menyesuaikan suspensi sepeda dengan tepat. Jika Anda melakukan offroad kuncilah suspensi depan pada sepeda saat ada tanjakan sehingga bisa tetap stabil. Hal ini dilakukan agar ketika Anda mengayuh dengan berdiri bisa dilakukan dengan total, namun sebenarnya teknik mengayuh dengan berdiri tidak disarankan.
  3. Perhatikan posisi badan Anda, hal ini untuk mengurangi rasa mudah lelah ketika berada di atas sepeda. Anda harus memperhatikan mulai dari posisi kepala yang sesuai dengan alur tulang belakang dan memandang lintasan di depan kita dengan tetap rileks. Posisi punggung disesuaikan dengan lintasan, saat menanjak usahakan membungkuk dan lurus saat di turunan. Posisi bahu dan tangan juga harus diperhatikan, dimana tumpuan lengan diletakkan di pengait rem agar beban bahu bisa berkurang. Anda bisa selalu siaga dan rileks. Untuk posisi kaki, aturlah sesuai posisi pedal. Pengaturan sadel sepeda juga perlu diperhatikan agar tidak tegang di bagian pinggul.

Hal-hal dasar saat bersepeda di atas patut Anda perhatikan, agar tetap nyaman dan bisa berolahraga dengan maksimal serta tetap dalam keadaan aman. Jadi sudah siapkah Anda balap sepeda?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *