Harga Motor NMAX Terbaru 2018 Mahal? Yakin, Nih?

Agak heran juga ketika harga motor NMAX dianggap mahal oleh sebagian kalangan. Apa patokannya? Please jangan bilang Honda BeAT, Saudara-saudara, apalagi yang second; sudah tidak apple-to-apple baik dari sisi jenis maupun waktu.

Yamaha NMAX punya dua varian. Pertama, Yamaha NMAX non-ABS. Boleh dibilang, ini adalah varian regulernya.

yamaha-motor.co.id

Kedua, Yamaha NMAX ABS. Yang ini adalah varian premiumnya, jadi harganya lebih mahal.

yamaha-motor.co.id

Sebentar, sebentar. Sebelumnya, apakah Anda sudah tahu harga kedua varian motor NMAX terbaru tersebut?

Berdasarkan situs resmi Yamaha, harga Yamaha NMAX non-ABS adalah Rp26,9 juta. Itu adalah harga rekomendasi on the road Jakarta. Lalu, harga Yamaha NMAX ABS adalah Rp30.650.000,00.

Beda keduanya cuma di pengereman, tapi selisihnya kok gede banget?

Iya, beda kedua varian itu memang cuma di penggunaan teknologi pengereman. Tapi, “cuma” yang ini bukan sembarang cuma. Ketika bicara soal pengereman, artinya kita bicara soal keselamatan. Ketika bicara soal keselamatan, yang dibahas adalah nyawa. Jadi, selisih Rp3,75 juta ini adalah perkara teknologi yang berkaitan dengan nyawa, Bro.

yamaha-motor.co.id

Harga NMAX juga memang naik tahun ini, namun kenaikan itu tidak signifikan, sifatnya. Tadinya, Yamaha NMAX non-ABS dibanderol dengan harga Rp26,3 juta. Kalau harganya sekarang adalah Rp26,9 juta, berarti ada kenaikan sebesar Rp300 ribu dari harga sebelumnya. Banderol tersebut bahkan masih lebih murah bila dibandingkan dengan harga motor Aerox varian teratas yang dihargai senilai Rp27,4 juta.

Lalu, Yamaha NMAX ABS yang dihargai Rp30,65 juta tadinya dibanderol Rp30,2 juta. Berarti, harga ini lebih mahal Rp400 ribuan dari harga NMAX sebelumnya.

Lihat, selisih kenaikan harganya cuma Rp300 sampai Rp400 ribu saja. Sedikit sekali, kan? Apalagi bila Anda mengetahui alasan di balik kenaikan tersebut.

 

Tahun yang Menyenangkan

Tahun 2018 telah menjadi tahun yang menyenangkan buat Yamaha. Kok bisa?

Asal tahu saja, dua produk andalan si Garpu Tala, NMAX dan Lexi, diganjar dua penghargaan bergengsi. Pertama, Yamaha Lexi mendapatkan predikat Motorcycle of the Year 2018 dalam ajang GridOto Awards.

Sementara itu, NMAX diganjar penghargaan Good Design Indonesia (GDI) 2018 untuk kategori transportasi sepeda motor dari Kementerian Perdagangan. Gilanya, NMAX jadi satu-satunya sepeda motor yang memperoleh predikat Good Design Indonesia pada tahun 2018.

liputan6.com

Nggak heran kan, kalau Honda Forza 250 punya desain yang sedikit mirip dengan NMAX?

Boleh jadi, penghargaan-penghargaan semacam inilah yang menjadi salah satu alasan di balik kenaikan harga Yamaha NMAX. Hukum ekonominya sederhana, kok. Bila permintaan naik, harga naik.

Kenapa permintaan NMAX bisa naik? Karena para pembelinya setuju bahwa kualitas yang didapatkan setimpal dengan harganya.

Saat dunia sepeda motor Indonesia dikuasai oleh sepeda motor matic, Yamaha Nmax menjelma menjadi salah satu primadona di kelas skuter matik atau skutik, terutama pada segmen maxi scooter. Anehnya, penjualan NMAX bahkan melampaui varian sepeda motor lain yang banderolnya jauh lebih murah.

Berbagai pencapaian itu pun seakan membuktikan bahwa sudah terjadi pergeseran terhadap minat konsumen. Bila sebelumnya, konsumen memilih motor pedal (moped) karena faktor fungsionalitas dan efisiensi bahan bakar, sekarang mereka cenderung memprioritaskan desain dan kenyamanan sebagai kesatuan dalam pengalaman berkendara. Dalam hal ini, segmen skuter maxi dianggap mampu memberikan keduanya, bahkan lebih baik daripada yang selama ini ditawarkan skutik mungil.

…dan tidak ada yang lebih baik dalam memenuhi semua persyaratan itu selain Yamaha NMAX.

 

Rivalitas Harga dengan Honda

Untuk informasi Anda, harga skuter matik andalan Honda, Honda PCX 150 – CBS, ada di kisaran Rp27,8 juta; lebih mahal hampir Rp1 juta daripada Yamaha NMAX non-ABS yang jadi rivalnya.

zigwheels.ph

Selain itu, versi premiumnya (PCX 150 – ABS) dibanderol Rp30,8 juta. Harga ini masih lebih mahal daripada Yamaha NMAX ABS yang Rp30,65 juta. Selisihnya memang Rp150 ribu, sih. Tapi dengan NMAX 155 ABS, Anda akan mendapatkan teknologi ABS di roda depan dan belakang. Dengan PCX 150 ABS, Anda cuma akan mendapatkan ABS di roda depan. Itu pun dengan kubikasi mesin yang sedikit lebih kecil.

Jadi, masih menganggap harga Yamaha NMAX mahal? Yakin?

 

Sumber: https://review.bukalapak.com/auto/harga-sepeda-motor-yamaha-nmax-dan-mengenal-variannya-66777

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *