Tips Liburan Menyenangkan di Rumah Bersama Anak

aktivitasrutin-com-tips-liburan

Hari libur tidak melulu harus berlibur ke tempat wisata atau tempat permainan anak. Agar anak tidak kecewa, Anda bisa mengajak anak melakukan hal-hal yang menyenangkan selama di rumah. Berikut adalah tips liburan di rumah yang bisa Anda coba:

  • Membuat Kreasi Bersama

Membuat kerajinan bersama anak selain melatih daya imajinasinya juga bisa menjadi waktu mengisi liburan yang menyenangkan. Ada banyak jenis-jenis kerajinan dan keterampilan yang bisa dijadikan pilihan. Anda bisa menggunakan bahan sederhana dari barang-barang bekas yang tidak digunakan lagi. Misalnya membuat mobil-mobilan, robot dan mainan lainnya sesuai dengan imajinasinya.

  • Dekorasi Ulang Kamar Bersama

Mengajak anak mendekor kamar miliknya bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Ajak anak berdiskusi apa yang akan didekor, misalnya: posisi tempat tidur, meja belajar dipindahkan letaknya atau ajak anak menggambar. Setelah selesai hasil gambarnya ditempel di dinding bersama-sama.

  • Menaman Bersama

Biasanya anak senang bermain tanah, nah Anda bisa mengenalkan bagaimana caranya berkebun. Selain menjadi hal baru yang menyenangkan anak juga belajar menjaga dan mencintai lingkungan. Ajarkan anak bagaimana cara menggali, menaburkan bibit lalu menanam. Lakukan sambil bercerita proses sebab akibat dan pentingnya pohon untuk lingkungan.

  • Memasak, Membuat Kue

Anda bisa mengajarkan anak memasak atau membuat kue yang resep dan pembuatannya sederhana. Biarkan anak yang mengaduk, mencetak kue. Selain untuk mengisi waktu liburan juga dapat memberikan keterampilan anak.

Baca juga: 7 TIPS TRAVELING, BARANG-BARANG YANG WAJIB DISIAPKAN

  • Kemping di Halaman Rumah

Kemping di halaman rumah bagi anak rasanya seperti berada di alam bebas. Lakukan aktivitas seperti layaknya sedang kemping dipegunungan. Siapkan peralatan yang harus ada. Anda bisa ajak anak makan atau tidur di dalam tenda.

  • Bermain Permainan Tradisional

Menghabiskan waktu liburan dengan permainan tradisional lebih menyenangkan. Walaupun anak lebih senang bermain gadget dan game, untuk liburan tidak ada salahnya bermain bersama memperkenalkan permainan tradisional. Misalnya: main petak umpet, main tebak-tebakan, permainan mencari harta karun dsb. Ada banyak manfaat bermain permainan tradisional, yaitu: mengasah kecerdasan motorik, anak lebih aktif bergerak sehingga tubuhnya lebih sehat dsb.

  • Mengajak Anak Bermain Sepedah

Aktivitas lainnya yang asik dilakukan selama liburan adalah mengajak anak bersepedah keliling komplek. Bersepedah membuat tubuh menjadi lebih bugar dan membuat tulang-tulangnya lebih kuat. Selain itu anak lebih kenal lingkungannya dan membuat ia lebih mudah bersosialisasi dengan teman-temannya yang ada di lingkungannya.

  • Bernyanyi Bersama

Tips liburan terakhir adalah bernyanyi bersama. Bernyanyi atau menciptakan musik bisa menjadi acara yang menyenangkan menghabiskan liburan bersama di rumah. Siapkan peralatan musik, jika tidak bisa gunakan barang-barang yang menghasilkan bunyi.

Demikian tips liburan menghabiskan waktu liburan di rumah bersama anak. Tips tersebut terbukti bisa membuat anak lebih bersemangat karena mengenal hal-hal yang baru dan bisa menjadi moment liburan yang menyenangkan. Selamat mencoba!

Be Sociable, Share!

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *