Hunting Harga Squishy Murah di Pasar Gembrong Jakarta Timur

( Foto : Ebay )

 

Suatu hari saya sedang jalan-jalan di salah satu mall elektronik di kota Bandung, lalu saya perhatikan mengapa banyak sekali boneka-boneka yang tersusun penuh dan tidak beraturan di etalase sebuah toko. Penasaran saya bertanya kepada pelayan toko itu “Apa itu mbak? ini berapa harganya?” sambil menunjuk salah satu yang kecil berbentuk roti. Lalu pelayan toko itu menyebutkan harganya “squishy, harganya 150.000 mbak “. Sontak saya sangat terkejut mendengar harganya. Saya langsung beranjak menjauhi toko itu sembari terus mencoba menalar memang sesusah apa sih cara bikin squishy sehingga bisa semahal itu.

Ternyata rasa penasaran saya terhadap boneka kecil nan mahal itu terus meningkat. Tidak berhenti di toko itu, sesampai di rumah saya terus googling untuk mencari tau sebenarnya apa itu squishy.

 

Squshy merupakan mainan berpermukaan lembut yang berasal dari Jepang. Mainan ini sangat popular di sosial media. Sebenarnya squishy merupakan pengembangan dari mainan stress ball, yaitu mainan berbentuk bola yang dimainkan dengan cara diremas-remas oleh jari jemari sehingga dapat menghilangkan stres dan melenturkan ketegangan otot tangan.

Walaupun bernama stres ball, pada kenyataannya mainan ini memiliki berbagai bentuk tidak hanya bulat. Bahan dasar pembuatan squishy adalah Polyurethane, merupakan polimer yang terdiri unit organik yang disatukan dengan tautan karbamat.  Polyurethane biasa kita temui sebagai bahan dasar pembuatan busa, segel busa, busing suspense otomotif, serat sintetis seperti spandex, alas karpet, dan masih banyak lagi.

Dikarenakan maraknya squishy di kalangan anak-anak membuat saya ingin juga memiliki squishy yang lucu. Namun harga pasaran mainan ini di mall sangat mahal, yaitu di kisaran 100.000 – 500.000. Bentuknya lucu-lucu dan uniknya memiliki wangi yang sesuai dengan bentuknya. Untuk squishy berbentuk pisang maka akan memiliki wangi buah pisang.

Suatu hari saya iseng-iseng hunting harga squishy murah di pasar gembrong Jakarta Timur. Benar saja ternyata banyak sekali squishy di sana. Tapi hati-hati squishy palsu sangat banyak lho. Jadi pastikan bahwa toko di sana menjual squishy yang asli.

Ciri-ciri mudahnya antara lain slow rising yaitu level kecepatan squishy kembali ke bentuk semula setelah diremas. Ciri lainnya adalah pastikan masih berada rapi di dalam kemasannya. Biasanya kemasannya berwarna cerah seperti pink dan ungu dengan berbagai kalimat berbahasa Jepang.

Sebetulnya produsen asli dari squishy adalah Ibloom, Puni Maru, Kiibru, Areedy, dan Cutie Creative, nah jadi pastikan ya packagingnya bertuliskan nama merek-merek tersebut. Karena walaupun rapi berada di dalam kemasan belum tentu merupakan squishy yang asli.

Setelah bolak-balik melihat dari satu toko satu toko ke toko lain, maka akhirnya saya memutuskan membeli satu squishy berbentuk ice cream yang sangat besar. Dengan jenis dan ukuran yang sama biasanya harga yang ditawarkan di mall berada di kisaran Rp200.000, dan di pasar gembrong saya mendapatkannya hanya dengan harga Rp100.000. Wah tentunya saya senang banget bisa mendapatkan harga squishy murah.

( Foto : Merdeka )

Ternyata squishy tidak hanya menjadi mainan anak-anak melainkan juga orang dewasa yang sudah menikah dan memiliki anak, saya contohnya. Bentuknya yang lucu menjadi daya tarik untuk bisa mengoleksinya. Dan rasa penasaran saya tidak selesai sampai di situ, Bersama keponakan saya mencoba mencari cara bikin squishy homemade di google.

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *