Ingin HP dengan Fitur Keren Harga Terjangkau? Keluarga Samsung Galaxy A3 Punya Jawabannya

Walaupun banyak produsen hp android bermunculan, nama besar Samsung tetap bertahan dan tak kehilangan pangsa pasarnya. Tentu saja hal tersebut tak terjadi begitu saja, selain selalu berinovasi dengan produk-produk mutakhir berharga fantastis, produsen asal Korea Selatan ini juga berusaha mengamodasi penggila gadget dengan “kantong” terbatas dengan mengeluarkan beberapa seri, salah satunya Samsung Galaxy A3. Nah, kalau Anda ingin tahu seperti apa spesifikasi Samsung A3, jangan ke mana-mana. Simak ulasan singkatnya di sini, ya!

Samsung A3

Samsung Galaxy - Samsung A3
Sumber: www.samsung.com

Bisa dibilang ini adalah ponsel ber-body full metal pertama keluaran Samsung. Dulu memang sudah ada seri yang memakai bahan logam, seperti Samsung Galaxy 5 dan Galaxy Alpha, namun hanya di bagian frame saja, sedangkan bagian lainnya masih memakai bahan plastik. Selain mengusung desain berbahan logam, Galaxy A3 juga memiliki body yang ramping dengan ketebalan ponsel hanya 6.9 mm. Anda pun dapat dengan mudah menggegamnya.

Selain tipis, kelebihan lainnya terletak pada teknologi layar, yaitu jenis super AMOLED. Warna yang dihasilkan terlihat lebih alami dan tetap hemat baterai. Sehingga Anda pun bisa dengan nyaman menikmati gambar yang diambil dari kamera depan beresolusi 8 MP atau belakang dengan resolusi 5 MP tersebut. Fitur tersebut cukup menutupi kelemahan resolusi layarnya yang baru mengusung qHD 960×540 piksel pada layar 4,5 inchi.

Untuk hardware, tipe ini sudah menyertakan prosesor Quad-core 1,2 Ghz Cortex A-53 Qualcomm Snapdragon 410 dengan RAM 1,5 GB dan memori internal 16 Gb yang menjadikan semua aplikasi bisa dijalankan tanpa terganggu.

Samsung A3 Duos

Samsung Galaxy - Samsung A3 Duos
Sumber: www.samsung.com

Seri A3 Duos ini tak banyak berbeda dari “kakaknya”, yaitu A3, dalam segi prosesor, chipset, resolusi kamera, ukuran layar dan tipe teknologi layar. Hanya saja, permukaan body A3 Duos sudah dilapisi bahan matte, sehingga tak terasa licin seperti A3. Sepertinya ini cara Samsung menjawab keluhan para pengguna yang kerepotan menggegam A3 karena terlalu licin dan kecil.

Perbedaan lainnya terdapat pada kapasitas RAM. A3 Duos malah “turun kasta” karena hanya dibekali RAM 1 GB saja. Hal ini tentunya membuat kinerja ponsel jadi agak terganggu bila muatannya penuh.

Samsung A3 2016

Samsung Galaxy -
Sumber: www.samsung.com

Samsung sepertinya seriUs dalam mengembangkan seri A3-nya. Buktinya, setelah Samsung Galaxy A3 dan A3 Duos, mereka merilis A3 2016 dengan beberapa fitur yang telah di-upgrade seperti penggunaan OS android lollipop di mana “kakak-kakaknya” hanya mengusung Kitkat, lalu chipset-nya sudah memakai Exynos 7578 Qualcomm Snapdragon 410 dengan CPU Quad-core cortex A53. Untuk RAM, seri ini mengusung perangkat berkapasitas 1.5 GB untuk menemani kinerja memori internal sebesar 16 GB. RAM tersebut bukanlah hal baru, tapi setidaknya merupakan sebuah kemajuan mengingat seri sebelumnya hanya memakai RAM berkapasitas 1 GB saja.

Selain RAM besar, Anda akan jadi lebih puas dengan kehadiran kamera depan yang resolusinya lebih tinggi dari seri sebelumnya, yaitu 13 MP, yang menemani kinerja kamera belakang dengan resolusi 5 MP.

Sudah itu saja? Tentu tidak! Peningkatan juga terjadi pada desain seri ini. Sama-sama ber-body metal, seri A3 2016 dinilai lebih trendi daripada A3 dan A3 Duos karena ponsel ini dilengkapi dengan bahan kaca 2,5 D. Bahan tersebut tak hanya menempel di layar, tapi juga di bagian belakang perangkat. Pokoknya terlihat keren deh.

Samsung A3 2017

Samsung Galaxy - Samsung A3 2017
Sumber: www.samsung.com

Dari semua seri A3, mungkin tipe ini yang paling menonjol. Tak cuma karena “jeroannya” yang sudah di-update dan upgrade, tapi juga karena adanya fitur mumpuni yang tak dimiliki “kakak-kakaknya”. Apa saja itu?

Seri A3 2017 diklaim anti debu dan air. Ia akan bisa dioperasikan di bawah kedalaman 1,5 meter selama kurang lebih 30 menit. Untuk meyakinkan pembeli akan fitur ini, Samsung sudah menyertakan sertifikasi IP68. Kelebihan berikutnya yaitu di resolusi kamera depannya yang naik dari 5 MP menjadi 8 MP.

Tak cuma penampilan luarnya saja yang di-upgrade, “dalamannya” juga, lho. Buktinya, seri ini sudah memakai Octa-core 1.6 GHz Cortex-A53 dengan RAM 2 GB dan memori internal 16 GB. Perangkat-perangkat tersebut siap mendukung aplikasi yang dimainkan pada OS android Marsmallow. Hebatnya, semua perangkat-perangkat upgrade-an tadi tak dibandrol harga selangit. Malah, bisa dibilang seri Samsung Galaxy A3 2017 ini termasuk seri termurah dari keluarga A.

Hmmm, Anda penasaran semurah apa harga seri A3 2017 ini, ya? Kalau iya, Anda bisa kunjungi https://review.bukalapak.com/gadget/daftar-harga-dan-spek-samsung-galaxy-a3-dan-galaxy-a5-21259 untuk melihat daftar harga produk keluaran Samsung. Tak hanya satu seri, tapi berbagai macam seri hp bisa Anda cek harganya di situ. Cukup membantu, bukan?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *