Ini Berbagai Cara Menggunakan Air Mawar yang Bisa Kamu Coba

 

Apa yang terlintas di pikiranmu jika mendengar kata mawar? Sebagian besar kaum hawa tentu langsung terbayang wangi harum dari bunga yang cantik ini. Selain cantik, si bunga berduri ini juga memiliki berbagai kandungan zat aktif yang berguna untuk kesehatan kulit. Oleh karenanya, banyak produk olahan dari air mawar. Manfaat air mawar ini antara lain dapat menjaga kulit dari iritasi karena sinar matahari, meredakan kemerahan, serta dapat meremajakan kulit.

Nah, dari sekian banyak manfaat yang bisa didapat dari air mawar, berikut adalah beberapa cara menggunakan air mawar agar dapat terserap baik oleh kulit wajah kita.

  1. Diaplikasikan sebelum pakai masker

Menggunakan masker adalah salah satu rangkaian treatment kulit wajah agar menjaga kelembapan dan menutrisi kulit wajah kita. Nah, agar penggunaan masker dapat efektif dan lebih maksimal, ada baiknya kita menggunakan air mawar terlebih dahulu. Caranya dengan membasahi kapas dengan beberapa tetes air mawar kemudian diaplikasikan di wajah. Cukup di-taptap saja tanpa dioles. Setelah kering, aplikasikan masker pada wajah kita. Dengan menggunakan air mawar sebelum pakai masker, dijamin masker akan memiliki efek yang lebih bagus.

  1. Digunakan sebagai Toner

Salah satu kandungan penting dari air mawar adalah kandungan anti bakteri. Dengan kandungan anti bakteri ini, air mawar dapat digunakan untuk toner wajah. Penggunaan toner sebelum pengaplikasian make up atau pembersih akan menjaga kelembapan kulit serta mencegah munculnya jerawat. Cara menggunakan air mawar ini adalah dengan menuangkan pada kapas kemudian diusap ke seluruh bagian wajah. Setelahnya aplikasikan pelembab dan rangkaian lainnya pada wajah seperti biasa.

c49de4a9-9923-4b19-a3db-ae7f6c2aa3f9_34.jpg (650×867)

  1. Penyegar dan setting spray

Kalian pasti sudah tidak asing dengan istilah setting spray. Setting spray merupakan semprotan yang diaplikasikan setelah make up selesai dipulas untuk memberikan efek dingin sekaligus segar pada wajah. Setting spray ini juga membantu agar riasan bertahan lama. Nah, tidak ada salahnya menggunakan air mawar sebagai setting spray. Caranya adalah dengan menyemprotkan dari jarak yang agak jauh (kurang lebih 30 cm) pada wajah yang telah selesai dirias. Hasilnya, riasan akan semakin lembut dan segar.

  1. Sebagai campuran masker

Jika sebelumnya air mawar digunakan untuk penyegar wajah sebelum penggunaan masker, kali ini air mawar pun juga bisa digunakan untuk campuran masker. Baik itu campuran untuk mengencerkan masker bubuk atau pun masker yang dibuat sendiri. Kita pasti sering menemukan masker yang dikemas dalam bentuk bubuk. Nah, untuk menggunakannya sebagai masker, bubuk tersebut lebih dulu perlu diencerkan. Kita bisa memanfaatkan air mawar sebagai pengencer dari masker itu. Coba ikuti aturan pakai yang biasa tertera di kemasan tentang seberapa banyak kita menuangkan air mawar. Biasanya konsistensinya agak kental. Setelah itu, masker pun bisa diaplikasikan di wajah.

Jika ingin membuat masker sendiri, cobalah mencampur air mawar dengan campuran minyak zaitun dan yoghurt. Pilihlah yoghurt yang plain tanpa rasa. Kemudian campurkan beberapa tetes air mawar dan minyak zaitun. Setelah itu, masker bisa digunakan pada wajah selama beberapa saat kemudian dibilas sampai bersih.

Cara-memutihkan-kulit-wajah-dengan-masker-buah.jpg (600×320)

Itu dia empat cara paling populer untuk menggunakan air mawar. Air mawar ini sendiri sudah lama diproduksi dan digunakan untuk skin care. Bisa jadi, air mawar adalah salah satu skin care yang hype pada masanya sebelum menjamurnya berbagai skin care asal Korea. Meski begitu, air mawar memiliki khasiat yang boleh diadu. Penasaran? Silakan dibuktikan sendiri.

Referensi : https://review.bukalapak.com/beauty/mengenal-5-manfaat-air-mawar-untuk-kulit-wajah-3663

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *