Ini Dia 4 Jenis Kuliner Jawa Barat yang Perlu Diketahui untuk Referensi Anda

Jawa Barat merupakan sebuah propinsi di Indonesia, yang terletak di pulau Jawa, dimana propinsi ini lebih dikenal secara meluas oleh masyarakat Indonesia sebagai wilayah destinasi wisata alam, terutama kawasan dataran tinggi yang dimilikinya. Berbagai keindahan panorama alam, tentunya dapat dengan mudah Anda nikmati di salah satu propinsi terbesar di Indonesia ini. Tidak hanya dikenal masyarakat sebagai tempat wisata alam saja, namun berbagai kuliner yang disajikan di wilayah ini pun mampu memberikan daya tarik tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Bagi Anda yang memang belum mengenal dengan jelas berbagai jenis kuliner Jawa Barat tersebut, berikut ini beberapa referensi kuliner asli dari propinsi tersebut:

Ini Dia 4 Jenis Kuliner Jawa Barat yang Perlu Diketahui untuk Referensi Anda 

  • Nasi Lengko

Makanan khas daerah Jawa Barat ini memiliki bentuk hampir mirip seperti nasi pecel yang terkenal didaerah Jawa Tengah. Makanan ini sendiri merupakan makanan yang terdiri dari nasi dengan bahan isian aneka sayur yang dipadukan dengan berbagai gorengan seperti tempe dan tahu, dimana untuk bagian atasnya akan ditaburkan sambal kacang dengan citarasa yang sedikit manis. Makanan ini biasanya lebih banyak dinikmati oleh para penggemarnya sebagai menu makan siang mereka, karena memang mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk tubuh beraktivitas.

  • Batagor

Kuliner Jawa barat yang satu ini memang lebih dikenal sebagai sebuah jajanan berat yang berasal dari Bandung. Bentuk dari makanan ini sendiri biasanya akan berbentuk bulat dengan isian tahu didalamnya. Bahan pelapisnya sendiri, biasanya akan terbuat dari tepung terigu yang telah diolah sampai kalis, kemudian dibentuk bulat dengan pemberian tahu sebagai isiannya. Untuk menikmati batagor yang telah digoreng, biasanya akan dicampurkan sambal kacang dan sedikit acara untuk menambah citarasa khusus didalamnya. 

  • Tapai Ketan

Makanan yang satu ini merupakan bentuk fermentasi dari singkong yang diolah dan dibungkus menjadi satu dengan beras ketan. Makanan hasil fermentasi ini biasanya akan lebih mudah Anda dapatkan didaerah Kuningan Jawa Barat, karena memang daerah tersebut merupakan sentra pembuatan dari tapai ketan tersebut. Proses fermentasi pada beras ketan inilah yang mampu menghasilkan kadar vitamin B1 lebih tinggi, sehingga akan sangat bermanfaat bagi proses metabolisme dalam tubuh. 

  • Dodol Garut

Kuliner Jawa Barat yang satu ini memang lebih dikenal sebagai makanan khas oleh-oleh dari propinsi Jawa Barat. Rasa manis dari dodol ini diperoleh dari proses pengolahan tepung ketan, yang dicampurkan dengan parutan kelapa serta gula jawa didalamnya. Makanan yang satu ini bahkan telah dikenal jauh sebelum negara kita merdeka, dimana olahan dodol ini telah ada sejak tahun 1920. Bentuk dodol yang memanjang, menjadikan ciri khas olahan yang satu ini makin terlihat jelas. Untuk dapat memperoleh dodol ini, Anda tidaklah harus pergi ke garut terlebih dahulu, karena jajanan ini kini banyak disajikan diberbagai pusat oleh-oleh.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *