Ini Dia Beberapa Mainan Tradisional dan Manfaatnya yang Harus Anda Ketahui

Anak Indonesia berasal dari berbagai daerah, berasal dari berbagai suku dan bahasa yang berbeda-beda. Namun, memiliki permainan yang sangat khas dan tersebar diseluruh nusantara. Mainan ini sangat mudah dilakukan dan menggunakan barang-barang yang ada. Mainan tradisional, begitulah semua masyarakat menyebutnya. Mainan ini bukanlah seperti mainan anak zaman sekarang yang serba teknologi smartphone, tablet ataupun PC. Mainan ini asli dibuat untuk bermain dengan teman-teman sejawat di kompleks perumahan. Adanya permainan membuat anak-anak saling berkomunikasi dan bahu-membahu dalam tawa dan canda dalam permainannya. Oleh karena itu, simaklah beberapa mainan anak khas Indonesia yang tidak lekang oleh waktu zaman.

Ini Dia Beberapa Mainan Tradisional dan Manfaatnya yang Harus Anda Ketahui

Beberapa manfaat permainan tradisional untuk anak diantaranya:

  • Belajar sportifitas, anak akan dilatih menerima kekalahan dan mengajarkan anak bagaimana bersikap seharusnya.
  • Melatih kemampuan fisik, karena permainan yang membantu otot-otot dalam bekerja sehingga akan menjadi lebih sehat.
  • Mengasah kecerdasan, dengan permainan yang membantu anak berpikir dan mengatur strategi.
  • Sosialisasi lebih banyak karena permainan ini biasanya membutuhkan beberapa orang anak dan membuat anak mengajak teman yang lain.
  • Anak lebih kreatif karena beberapa permainan ini dibuat sendiri dan membuat anak dapat menghias dan membentuk sesuai keinginan.
  • Mampu bekerjasama dengan teman untuk mendapat kemenangan dengan cara yang benar dan usaha yang tepat.

Selain beberapa manfaat lainnya adalah belajar mengelola emosi seperti marah, tertawa dan menangis sehingga anak akan mendapat stimulus untuk berekspresi. Dapat juga meningkatkan kepercayaan diri untuk tampil didepan umum dan untuk bersosialisasi tanpa takut. Anak juga akan lebih saling menghargai dan tidak menimbulkan rasa iri ketika teman memenangkan permainan yang sedang dilakukan. Manfaat dari mainan tradisional ini memang sangat baik untuk anak dan lebih membantu anak untuk membakar kalori dan menjauhkan anak dari gadget yang terlalu dini 

Berikut adalah beberapa permainan tradisional diantaranya:

  • ABC lima dasar, dengan menggunakan lima jari dan diikuti oleh 3 hingga 5 orang dan huruf yang terpilih akan disepakati dalam beberapa tema.
  • Balap karung, dengan minimal 5 orang dan karung untuk sampai pada garis akhir.
  • Benteng, permainan dengan dua kelompok dan beranggotakan minimal 5 orang dan lawan tidak boleh tersentuh dengan penjaga benteng.
  • Boi-boi, dengan dua tim dan masing-masing 5 pemain dan menggunakan susunan pecahan genting atau batu hingga 10 pecahan dan menggunakan bola kasti.

Selain beberapa diatas, ada juga permainan congklak oleh dua orang pemain dengan 49 biji congklak yang dibagi dalam 14 lubang kecil. Ada juga engklek dengan bentuk petak pada tanah dan dimainkan oleh 3 atau lebih pemain dan melewati berbagai tahapan dan biasanya dimainkan oleh perempuan. Beberapa mainan tradisional beberapa mulai ditinggalkan karena perkembangan teknologi yang dirasa lebih menyenangkan tetapi permainan tradisional tidak tergantikan.

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *