Ini Dia Manfaat Serum Wajah yang Tak Diketahui Banyak Orang!

Wajah adalah bagian tubuh yang akan pertama kali dilihat oleh orang lain. Selain itu, kondisi kulit wajah yang berbeda dengan kulit di bagian tubuh lainnya menjadikan perawatan wajah adalah suatu hal yang harus lebih diperhatikan penanganannya. Selain rutin menggunakan pembersih wajah yang cocok untuk kulit, hal penting lain yang perlu dilakukan adalah menggunakan serum wajah.

Ini 5 cara memilih serum sesuai jenis kulit. (https://review.bukalapak.com/beauty/ini-5-cara-memilih-serum-sesuai-jenis-kulit-13026 )

Serum wajah adalah formula gel berbentuk larutan yang berwarna jernih, bertekstur ringan, dan mengandung bahan-bahan aktif yang penting bagi kulit wajah. Bahan-bahan aktif tersebut adalah campuran multivitamin dan antioksidan yang bertujuan untuk menembus lapisan kulit terdalam dengan mudah, cepat, dan merata dibandingkan dengan pelembab kulit wajah biasa.

Dalam pemilihan serum wajah, Anda tidak dapat sembarangan. Adapun langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam pemilihan serum wajah antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Kenali jenis kulitmu

Sebelum membeli serum wajah, Anda sebaiknya mengetahui jenis kulit dan permasalahan yang ingin diselesaikan. Anda dapat mengetahui jenis kulit dengan mengunjungi dokter kulit atau datang ke toko kosmetik terdekat. Setelahnya, Anda akan diberitahu jenis kulit Anda apakah itu normal, kering, berminyak, bahkan sensitif serta diberikan rekomendasi jenis serum apa yang cocok untuk Anda.

  1. Pelajari kandungan dan kegunaan serum pilihanmu

Dalam memilih serum untuk wajah, Anda harus memperhatikan kandungan di dalamnya. Hal ini dikarenakan kandungan yang tidak cocok untuk tipe kulitmu akan malah mengakibatkan kondisi kulit semakin memburuk. Beberapa kandungan di dalam serum antara adalah sebagai berikut:

  • Kolagen

Kolagen adalah sejenis protein yang berfungsi untuk menjaga lapisan dermis tetap sehat. Selain itu, kolagen juga berfungsi memperbaiki kondisi kulit, mempercepat regenerasi kulit, mencerahkan kulit, melawan keriput atau penuaan dini pada kulit. Saat kandungan kolagen berkurang, kulit akan menjadi kering dan mengelupas, namun berminyak di dalamnya. Serum yang memiliki kandungan ini cocok digunakan bagi jenis kulit normal dan kering.

  • Ceramid

Ceramid adalah kandungan zat yang terletak di bagian kulit wajah terluar. Zat ini berfungsi untuk menjaga kulit dari pengaruh buruk lingkungan luar dan mencegah hilangnya kadar air dalam kulit.  Selain itu, kandungan ini berfungsi untuk menghilangkan noda hitam atau pigmentasi, serta menyembuhkan rona wajah yang tidak merata. Serum jenis ini cocok digunakan untuk jenis kulit berminyak dan berjerawat.

  • Hyaluronic acid

Kandungan ini berfungsi seperti ceramid namun letaknya adalah pada bagian dermis. Manfaat serum wajah ini cocok digunakan untuk semua jenis kulit.

  1. Cari tahu cara pemakaian yang benar

Selain dalam pemilihan serum untuk kulit wajah, dalam pemakaian serum pun anda tak boleh sembarangan. Untuk menggunakan serum wajah, pertama-tama bersihkan muka anda dengan pembersih wajah lalu keringkan dengan handuk. Satu menit setelahnya, gunakan toner atau pre-serum yang berfungsi untuk menyeimbangkan dan mengangkat kotoran dan kulit mati yang membandel. Lalu aplikasikan serum pada wajah Anda.

Ingat, anda hanya membutuhkan 1 hingga 2 tetes kecil dalam tiap pemakaian. Setelahnya ratakan ke seluruh area wajah dan leher terutama pada bagian wajah yang bermasalah lalu diamkan selama 2 hingga 3 menit agar serum bekerja secara maksimal tanpa meninggalkan residu pada wajah. Ulangi langkah tersebut sebanyak 2 kali dalam sehari yakni pagi dan malam hari dan rasakan manfaat serum wajah untuk kulit sehatmu!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *