Ini Dia Resolusi Foto yang Bagus untuk Di-upload Di Instagram

  Memiliki ukuran file atau foto yang besar memang memiliki keunggulan dalam kualitas foto. Namun, jika ukurannya terlalu besar juga terkadang membuat kita gundah. Hal itu disebabkan file yang terlalu besar itu tidak bisa diunggah karena ada aturan mengenai batasan ukuran media sosial atau aplikasi tertentu. Kalau sudah begitu, kamu tidak perlu bingung, kamu bisa  mengecilkan ukuran foto dengan kualitas gambar tetap sama. Hal yang perlu kamu lakukan adalah melakukan kompres foto. Berbagai jenis foto ekstension  bisa kamu kompres. Misalnya saja, kamu ingin melakukan kompres foto jpg, png, ataupun gif. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi online yang banyak tersedia di internet untuk mengecilkan ukuran foto kamu.

Untuk mengecilkan ukuran foto, terlebih dahulu kamu perlu meng-upload foto kamu ke aplikasi online yang sudah tersedia melalui browser kamu. Setelah itu, biasanya akan ada opsi reduce size. Jika pengompresan sudah selesai dilakukan, kamu bisa men-download hasil kompresan atau biasanya dikirim melakui email ataupun dropbox. Memang sangat mudah untuk melakukan kompres foto ini. Jadi ukuran berapa pun bisa kamu kecilkan.

Berbicara mengenai foto, pasti tidak akan lepas dari yang namanya resolusi foto. Bagi kebanyakan orang, semakin tinggi resolusi sebuah foto, hasil atau gambarnya akan semakin baik. Benarkah pernyataan tersebut? Kita akan sedikit mengulas mengenai seperti apa resolusi foto yang bagus itu? Terutama, jika kamu ingin mengunggah foto kamu di akun Instagram. Pastinya, kamu akan memilih foto paling bagus di antara foto kamu yang bagus bukan?

Resolusi foto menunjukkan berapa banyak piksel dalam sebuah foto yang akan dicetak atau ditampilkan pada layar, yang biasanya terhitung dalam satuan 1 inci persegi. Biasanya foto dengan resolusi tinggi memiliki jumlah piksel yang semakin banyak dalam satuan 1 inci persegi. Dengan demikian, dari resolusi bisa menunjukkan ukuran piksel. Semakin tinggi resolusi sebuah foto, ukuran piksel semakin kecil. Sebaliknya, semakin kecil resolusi sebuah foto, ukuran piksel akan semakin besar.

Ketika kamu mengunggah foto di Instagram, pasti tidak akan ada peringatan ukuran maksimal yang dapat kamu upload. Dengan begitu, resolusi foto yang besar ataupun kecil bisa kamu unggah dengan mudah di Instagram. Meskipun demikian, agar foto kamu terlihat bagus di Instagram, kamu perlu memerhatikan rasio gambar yang akan kamu upload. Instagram sendiri memiliki ketentuan rasio foto yang kamu unggah.

Mau seberapa canggih gadget yang kamu gunakan dan seberapa besar resolusi foto kamu, nyatanya ketika foto diunggah ke instagram, secara otomatis akan mengalami penyusutan ukuran dan rasio panjang maupun lebarnya. Menurut informasi yang kami dapatkan, rasio yang disarankan oleh Instagram ketika kamu ingin mengunggah sebuah foto adalah 1.91:1 dan 4:5. Selain itu, memiliki maksimal lebar 1080 piksel. Jadi, jika kamu memiliki gambar sebesar puluhan MegaPiksel, secara otomatis Instagram akan menjadikannya 1080 piksel.

Agar foto Instagram kamu terlihat lebih tajam dan bagus, selain resolusi, kamu juga perlu memerhatikan komposisi dari foto. Nah, agar terlihat semakin menarik, kamu bisa lho membubuhkan filter yang disediakan oleh Instagram. Banyak sekali filter yang bisa kamu pilih.

Pembahasan mengenai resolusi memang akan mudah dicerna oleh kalangan tertentu, seperti fotografer atau videografer yang setiap harinya berkutat dalam hal ini. Namun, tidak ada salahnya juga kan kamu memiliki pengetahuan mengenai hal tersebut. Resolusi foto yang bagus memang ditentukan oleh kamera yang kamu gunakan. Namun, ketika alat foto kamu memiliki resolusi tangkapan yang kecil, tidak perlu berkecil hati, karena ada banyak faktor lain yang bisa menentukan fotomu itu bagus atau tidak.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *