Ini Macam-macam Makanan Pendamping ASI Usia 6 Bulan

Waktu yang tepat untuk mengenalkan makanan selain ASI pada sang buah hati adalah saat bayi berusia 6 bulan. Bunda sering kebingungan dengan menu MPASI untuk si bayi? Menu makanan pendamping ASI atau MPASI harus diperhatikan. Karena tahapan mengenalkan MPASI merupakan tahapan awal bayi melatih otot mulutnya untuk mengunyah dan menelan. Dengan demikian, harus dipertimbangkan tekstur, kandungan, dan gizi pada makanan yang akan disediakan untuk bayi.

Saat memberikan MPASI, orangtua perlu memperhatikan bagaimana reaksi pencernaan si bayi. Pantau dalam satu minggu. Jika ditemukan masalah pencernaan, hentikanlah pemberikan menu MPASI tersebut dan berilah menu yang lain.

Terdapat banyak pilihan makanan pendamping ASI usia 6 bulan. Bayi berusia 6 bulan membutuhkan tekstur makanan yang lembut. Oleh karena itu, makanan pendamping ASI harus bertekstur lembut atau berbentuk bubur. Anda dapat menggunakan blender atau penghalus dan penghancur makanan. Saat ini banyak rekomendasi alat penghalus dan penghancur yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca di sini untuk manfaat MPASI ubi jalar!

Anda dapat mencoba berbagai menu MPASI. Namun yang harus diingat adalah sediakanlah MPASI yang bertekstur lembut. Pencernaan bayi belum sempurna dan bayi juga perlu melatih perlahan otot mulutnya. Oleh karena itu, menu MPASI bayi biasanya berbentuk bubur atau cair. Agar bayi mudah menelan dan mencernanya. Lalu, apa saja macam-macam makanan pendamping ASI usia 6 bulan? Berikut informasinya.

  • Buah

cherry, fruit, leaves | Encyclopedia of fruits and ...

Buah merupakan jenis makanan yang memiliki nutrisi yang baik bagi bayi. Semua buah memiliki gizi dan vitamin. Hal ini baik bagi kebutuhan pertumbuhan dan perkembangan si bayi. Untuk makanan pendamping ASI usia 6 bulan, pilihlah buah yang bertekstur lembut. Pencernaan bayi masih dalam tahapan penyempurnaan. Oleh karena itu, berilah buah yang memiliki rasa yang manis. Buah yang dapat dihaluskan dan menjadi makanan pendamping ASI, yaitu pisang, pepaya, jeruk, tomat, alpukat, pir, dan apel. Haluskanlah dengan menggunakan blender khusus MPASI. Untuk buah yang teksturnya sejenis pir dan apel, Anda dapat mengukusnya terlebih dahulu lalu menghaluskannya. Sedangkan untuk buah bertekstur seperti pisang dan pepaya, Anda dapat menyuapkan kerokan dengan sendok. Pastikan kerokan sehalus mungkin.

  • Sayur

Fruit and Vegetable Safety | Features | CDC

Seperti buah, sayur juga memiliki kandungan-kandungan penting untuk tubuh bayi. Semua sayuran dapat memberikan nutrisi kepada bayi. Namun tidak semua sayuran juga dapat dikonsumsi sebagai makanan pendamping ASI. Hal itu disebabkan oleh tekstur dan rasa yang harus dipertimbangkan untuk dapat sesuai dengan kondisi pencernaan bayi. Bayi berusia 6 bulan membutuhkan makanan yang lembut. Sayur-mayur yang dapat dijadikan makanan pendamping ASI adalah wortel, bayam, kentang, kacang panjang, jagung, kacang hijau, kacang merah, brokoli, dan masih banyak lagi yang lainnya. Buatlah menu MPASI dengan tekstur yang lembut.

  • Daging

Archer's Catering

Makanan pendamping ASI yang satu ini merupakan salah satu makanan sumber protein hewani, lemak, dan vitamin. Kandungan tersebut tentunya dibutuhkan oleh bayi. Daging diperbolehkan untuk dikonsumsi bayi sebagai makanan pendamping ASI mulai usia 6 bulan. Bahkan disarankan untuk mengenalkan berbagai jenis daging kepada bayi. Baik itu daging bebek, ayam, sapi, ikan, dan daging lainnya yang biasa dikonsumsi oleh keluarga. Tetapi tahanlah dulu untuk mengenalkan daging kambing atau domba.  Hal itu dikarenakan daging domba atau kambing memiliki efek panas pada pencernaan bayi. Hal itu perlu dilakukan untuk menghindari bayi dari risiko alergi. Hindari olahan daging yang menggunakan pengawet seperti olahan bakso, korned, sosis, dan lain-lain.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *