Ini Makanan Favorit Para Presiden Indonesia yang Enaknya Bikin Anda Tergoda

Makanan merupakan sumber penghidupan manusia. Setiap manusia tentunya memiliki makanan kesukaan yang berbeda-beda. Di Indonesia sendiri, cita rasa kuliner begitu beragam. Mulai dari pilihan bahan hingga bumbu-bumbu racikan khas yang ditemukan di nusantara membuat lidah penikmat kuliner dunia bergoyang. Tidak heran banyak dari makanan Indonesia menjadi menu makanan favorit kalangan luas. Tak terkecuali untuk para presiden yang pernah memimpin bangsa ini.

Ini Makanan Favorit Para Presiden Indonesia yang Enaknya Bikin Anda Tergoda

Penasaran apakah makan makanan yang sehat, mewah, atau justru sederhana?

Nasi Jagung Kesukaan Presiden Soekarno

Ir. Soekarno salah satu bapak pendiri Republik Indonesia selalu identik dengan kesederhanaan dalam kehidupannya. Begitu pula dengan makanan favorit beliau, yaitu nasi jagung. Menurut kesaksian Mangil, pengawalnya, Soekarno sangat menyukai nasi jagung. Selain nasi jagung, Soekarno juga doyan sayur lodeh, sayur asem, dan sambal terasi.

Sayur Lodeh Kesukaan Presiden Soeharto

Hampir sama dengan Soekarno, Presiden RI kedua Soeharto ternyata menyukai makanan-makanan khas Nusantara.  Beberapa makanan yang disukai beliau, seperti sayur lodeh, nasi tiwul, ikan bakar dan tempe bacem. Jangan dikira seorang presiden pantang makan mie. Tak jarang, beliau meminta mie instan kepada para stafnya ketika tak sempat makan.

Masakan Padang Kesukaan Presiden Habibie

Lama tinggal di luar negeri ternyata tidak mengubah selera lidah B.J. Habibie. Presiden ketiga sekaligus suami dari ibu Ainun ini menyukai ayam goreng buatan Rumah Makan Sari Bundo yang berada di dekat kantor Sekretariat Negara RI. Salah satu menu favoritnya yakni ayam goreng dan jus terong Belanda yang dicampur sirsak.

Menu Jeroan Kesukaan Presiden Abdurrahman Wahid

Sama halnya seperti B.J. Habibie, Presiden yang akrab disapa Gus Dur ini juga punya restoran favorit. Restoran andalan tempatnya memesan makanan kesukaan berada tidak jauh dari kantor PBNU Jakarta, tempat favorit Gus Dur ini adalah Rumah Makan Padang Sederhana. Makanan favorit yang sering ia pesan adalah dendeng batotok, otak sapi, dan limpa gulai.

Gado-gado Kesukaan Presiden Megawati

Makanan kesukaan Presiden RI ke-5 ini adalah gado-gado. Selain itu, kalau sedang ada kunjungan ke Bali, beliau tak pernah melewatkan ikan bakar khas Gianyar.

Tempe dan Tahu Kesukaan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono

Presiden ke-6 yang akrab disapa SBY ini punya menu makanan kesukaan yang cukup unik. Mantan Presiden asal Pacitan ini lebih menyukai jenis-jenis makanan yang terbuat dari tahu dan tempe ketimbang daging-dagingan. Makanan lain kesukaannya adalah pecel madiun serta telur dadar.

Sate Buntel Kesukaan Presiden Jokowi

Presiden Indonesia saat ini, Joko Widodo ternyata mengaku ‘gampang’ dan tidak pilih-pilih kalau soal makanan. Selain segala menu-menu makanan di warteg, Jokowi sangat menyukai sate-sate yang dijual di Solo seperti Sate Kere Yu Rebid dan Sate Buntel Bu Rejo. Selain itu, beliau juga menyukai tempe, tahu, ikan dan es dawet.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *