Ini Ragam Tips Memilih Perlengkapan Anak TK

Memasuki tahun ajaran baru bisa dibilang menjadi momen yang ditunggu tunggu oleh para siswa setelah berlibur sekian lamanya. Biasanya mereka merindukan suasana sekolah dan teman temannya. Namun bagi yang baru saja memulai masa sekolah seperti anak di usia play group  dan Taman Kanak kanak, memulai sekolah bisa jadi menjadi ketakutan tersendiri. Hal tersebut bisa berasal dari beberapa kemungkinan, salah satunya adalah harus beradaptasi dan berkenalan dengan lingkurangn yang baru. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mulai melibatkan anak Anda dalam pemilihan perlengkapan anak TK seperti tas anak sekolah misalnya. Sambil melibatkannya, Anda pun bisa sounding dan memasukkan pemahaman serta pengenalan bahwa sebentar lagi anak Anda akan bersekolah.

Ada baiknya sebelum membeli perlengkapan sekolah anak Anda, Anda membuat daftar barang yang akan dibeli dahulu. Hal ini bertujuan agar watu saat berbelanja lebih efektif karena sudah tahu barang apa saja yang akan dibeli. Jangan lupa pula menanyakan pihak sekolah apakah ada ketentuan khusus mengenai peralatan dan perlengkapan sekolah anak. Misalnya apakah sepatu yang dikenakan harus berwarna hitam atau dengan bentuk tertentu. Bersyukur jika memang tidak ada ketentuan khusus, namun jika ada, Anda pun harus memberi pengertian kepada anak jika memang ada peraturan peraturan tertentu dari sekolah yang harus dipatuhi dan tidak boleh dilanggar.

Daftar perlengkapan sekolah anak Anda antara lain sepatu, tas, alat tulis, alat mewarnai dan alat makan. Jika memungkinkan, pilihlah sepatu yang nyaman bagi anak Anda. Kriteria nyaman disini antara lain ukuran yang pas bagi kaki si kecil, tidak terlalu longgar maupun kesempitan. Selain itu, pilihlah sol sepatu yang tidak licin sehingga menghindarkan kemungkinan jatuh akibat selip. Kemudian pilihkan kaus kaki yang dapat menyerap keringat dengan mudah, sehingga anak Anda pun menjadi lebih nyaman.

School stationery isolated on white

Jangan lupa untuk melibatkan anak Anda. Dengan melibatkan anak Anda dalam pemilihan perlengkapan anak TK miliknya, anak Anda akan jadi lebih bertanggung jawab atas pilihannya dan membuatnya menjadi semangat sekolah. Misalnya mengizinkannya untuk memilih tas anak anak dengan karakter favoritnya, mungkin itu Princess atau Spider Man. Setelah itu, ajaklah untuk memilih yang lainnya seperti kotak pensil dan kotak bekal. Biarkanlah ia memilih yang sesuai dengan warna dan bentuk kesukaannya. Jika Anda terlalu mengintervensi, bisa jadi anak Anda tidak menyukai dan justru akan membuatnya malas sekolah.

Selanjutnya, pastikan perlengkapan untuk sekolah anak Anda sesuai dengan budget yang Anda miliki. Meskipun mungkin ada keinginan untuk memberikan yang terbaik bagi anak Anda, ada baiknya Anda juga mengatur hal yang satu ini. Hal ini dikarenakan masih ada banyak tanggungan lain untuk urusan sekolah seperti misalnya biaya administrasi bulanan dan iuran untuk kegiatan sekolah. Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih barang yang berkualitas baik namun dengan harga yang terjangkau. Selain itu, pastikan membeli barang sesuai dengan kebutuhan dan tidak berlebihan. Misalnya untuk sepatu dan tas cukup satu saja, tidak perlu memiliki lebih dari satu kecuali jika barang tersebut suah rusak. Atau membeli secukupnya peralatan tulis dan mewarnai. Hal yang perlu kita tekankan pada anak kita adalah mereka harus dapat membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Jika mereka menginginkan barang tertentu namun belum tentu terpakai, Anda harus bisa mengontrol dan memberi tahu mereka.

Tips terakhir, untuk menghemat waktu dan tenaga, tidak ada salahnya jika Anda memilih untuk berbelanja secara online untuk pemenuhan kebutuhan perlengkapan sekolah ini. Tentunya dengan melibatkan anak Anda dalam pemilihannya. Selamat mencoba!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *