Inilah 5 Robot Canggih Buatan Anak Negeri yang Menjadi Bukti Kemajuan Bangsa Indonesia

Berbicara tentang teknologi robotika, Indonesia memang masih tergolong kalah jauh dibandingkan dengan Negara-negara besar lainnya seperti Jepang dan Amerika. Meskipun begitu ternyata Indonesia telah membuktikan mampu menghasilkan karya berupa robot canggih yang menjadi kebanggaan. Terlebih saat ini di sekolah-sekolah hingga perguruan tinggi telah banyak diajarkan pembelajaran tentang pembuatan robot. Hingga muncul pula komunitas klub robotika yang menjadi sarana pengenalan teknologi robot kepada masyarakat.

Inilah 5 Robot Canggih Buatan Anak Negeri yang Menjadi Bukti Kemajuan Bangsa Indonesia

Sampai saat ini, anak-anak bangsa telah berhasil membuat karya robot-robot dengan teknologi canggih. Dimana robot-robot tersebut ternyata memberikan manfaat dalam dunia industry  dan militer. Nah, jika anda penasaran berikut ini akan dijelaskan 5 robot canggih karya anak bangsa yang perlu anda ketahui.

  1. Robot Gegana
    Robot canggih yang pertama adalah robot yang telah berhasil dibuat oleh Tim Penjinak bom, gegana Brimob, Polri. Diciptakannya robot yang satu ini bertujuan untuk menjinakkan bom dengan jarak jauh. Pastinya dengan memakai robot ini risiko terkena bom akan semakin berkurang. Selain itu, tim gegana juga tak perlu mendekat ke lokasi bom tetapi cukup menggerakkannya dari jauh saja. Selain itu, robot ini juga mempunyai persenjataan yang dapat digunakan untuk menembak serta dapat menarik beban hingga berat 70 kg.
  2. MoroLipi
    Tak hanya Polri yang suskes menciptakan bom, ternyata LIPI juga berhasil membuat robot MoroLipi. Dimana robot ini pertama kali dibuat prototypenya pada tahun 2004. Lalu disempurnakan dan berhasil dirilis tahun 2010. Bahkan pihak LIPI juga menyatakan bahwa harga robot ini lebih terjangkau dibandingkan dengan robot impor.
  3. Aurora
    Robot canggih yang satu ini merupakan jenis robot hebat hasil karya dari Yohanes Surya. Dalam pembuatan robot ini, Yohanes Surya mencontoh kendaraan tempur milik Amerika. Robot Aurora ini juga dilengkapi dengan peralatan yang canggih berupa airsoft gun yang bisa menjadi alat penyerang. Bahkan robot ini juga memiliki body yang kuat sehingga bisa lebih tahan dalam medan pertempuran.
  4. Beater 2.3
    Robot yang satu ini merupakan robot yang berhasil dikembangkan oleh mahasiswa Universitas Sultan Agung. Robot Beat 2.3 ini adalah robot pemadam api yang sukses menjuarai kompetisi robot yang diselenggarakan oleh kampus-kampus besar di Indonesia. Robot yang canggih ini nantinya akan dikembangkan lagi dari segi bentuk menjadi lebih besar sehingga bisa benar-benar dipakai untuk memadamkan kebakaran.
  5. Robot Tempur TNI AD
    Robot tempur TNI AD ini sebetulnya sudah berhasil dibuat prototypenya sebelum Polri berhasil membuat robot Gegana. Robot TNI Ad ini dibuat dengan bentuk menyerupai miniatus tank dan bisa dikendalikan dari jarak 1 kilometer. Pastinya robot ini akan sangat berguna untuk perang jarak jauh. Bahkan robot ini mampu bergerak dengan kecepatan 60km/jam.

Itulah tadi penjelasan mengenai 5 robot canggih buatan anak bangsa. Kesuksesan pembuatan robot-robot tersebut bisa menjadi inspirasi bagi anda yang menyukai dunia robotika agar terus belajar dan mengembangkan karya-karya anda. Sehingga karya tersebut dapat bermanfaat dan mengharumkan nama Indonesia.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *