Inilah 6 Tips Berhemat Anak Kost yang Harus Anda Coba!

Hidup merantau jauh dari keluarga memang tidak mudah. Apa lagi untuk Anda yang baru pertama kali jauh dengan orang tua dan berpredikat sebagai anak kost . Anda harus bisa membiasakan diri melakukan hal-hal yang biasa dilakukan orang lain dengan sendiri. Salah satu problem anak kost adalah soal keuangan, berikut ini adalah 5 tips berhemat anak kost yang harus anda coba:

Inilah 6 Tips Berhemat Anak Kost yang Harus Anda Coba!

  • Membuat List Keperluan

Membuat list keperluan bulanan itu jangan dianggap sepele, hal ini adalah bagian terpenting untuk mengetahui dan mengatur pengeluaran bulanan yang akan anda keluarkan. Catat keperluan kita selama sebulan penuh. Dari situ maka akan kelihatan mana keperluan yang harus segera dibayar atau segera dibeli dan mana yang masih bisa dibeli bulan depan. Alokasikan uang bulanan Anda untuk membayar biaya kost dan makan sehari-hari.

  • Jangan Pegang Uang Cash terlalu Banyak

Usahakan uang cash dalam dompet Anda tidak terlalu banyak. Hal ini dilakukan supaya Anda tidak boros. Ambil uang seperlunya di ATM untuk keperluan sehari atau seminggu saja. Lalu catat setiap pendapatan dan pengeluaran uang Anda adar jelas dan terorganisir dengan baik.

  • Memasak Makanan Sendiri

Dengan memasak makanan sendiri, pengeluaran uang Anda akan semakin hemat. Bawalah peralatan masak dan peralatan makan dari rumah, atau jika tempat kost sudah menyediakannya itu lebih baik. Jika pulang ke rumah, bawalah beras dan mie instan jika ada.

Baca Juga:TIPS BERHEMAT DENGAN GAJI KECIL

  • Cari Pekerjaan Sampingan

Alangkah baiknya jika Anda sebagai anak kost mempunyai pekerjaan sampingan agar menambah pemasukan. Bagi Anda sebagai mahasiswa, carilah pekerjaan yang tidak mengganggu waktu kuliah. Banyak sekali pekerjaan sampingan yang bisa Anda lakukan, mulai dari berjualan pulsa, bekerja online dan lain-lain. Tips berhemat ini sangat dianjurkan juga untuk Anda yang ingin mendapatkan pengalaman bekerja tambahan.

  • Mencuci Pakaian Snediri

Sebagian besar anak kost biasanya malas mencuci pakaian sendiri dan lebih memilih menggunakan jasa laundry. Hal ini dilakukan karena berbagai faktor, diantaranya karena sudah terbiasa meminta tolong orang tua atau pembantu di rumah untuk mencucikan pakaian. Jika pakaian kotor sudah menumpuk memang akan memunculkan rasa malas untuk mencuci. Nah, Anda bisa menyiasatinya dengan membiasakan mencuci pakaian kotor setiap hari. Dengan begitu, cucian kamu tidak akan menumpuk banyak.

  • Melakukan Puasa

Tips berhemat yang terakhir adalah dengan melakukan puasa. Selain bisa menghemat pengeluaran Anda, puasa memiliki manfaat lain, lho. Puasa bisa menjadi amalan ibadah Anda dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Selain itu, dengan berpuasa kita dapat belajar menahan diri dan hidup prihatin seperti orang-orang di luar sana yang hidpunya tidak seberuntung Anda. Tidak harus setiap hari, cukup dua kali dalam seminggu, yaitu hari senin dan kamis.

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *