Inilah Cara Membuat Shampo Lidah Buaya, Alami Loh!

Tentunya sudah banyak yang mengetahui manfaat dari kandungan lidah buaya. Salah satunya sebagai bahan alami untuk menumbuhkan rambut. Aloe vera, begitu nama latin dari lidah buaya, merupakan salah satu tanaman yang sudah dikenal kaya akan kandungan vitamin C, A dan E, mengandung pula zat antimicroba dan juga antibacterial. Inilah yang membuat lidah buaya sendiri sering dijadikan sebagai kondisioner maupun sebagai shampo.

Dalam artikel dibawah ini, akan disebutkan bagaimana cara membuat shampo lidah buaya sendiri, secara alami. Walau memang di luaran sana sudah banyak sekali merek shampo yang diperjualbelikan. Tapi, buat Anda yang ingin membuat shampo lidah buaya sendiri tentu tak masalah. Selain lebih aman dibandingkan dengan penggunaan bahan bahan kimia pada shampo, tentu tak salah juga untuk memanfaatkan lidah buaya di sekitar rumah Anda bila memang stoknya pun melimpah.

Sebelum berbicara lebih jauh tentang pembuatan shampo secara alami dari lidah buaya, ada baiknya pula kita mengetahui atau mengingatkan kembali tentang manfaat lidah buaya bagi rambut. Apa sajakah itu? Tanpa basa basi lagi, yuk silakan lihat!

  • Mencegah rambut yang rontok, kandungan alami lidah buaya dapat mencegah adanya kerontokan pada rambut. Yang secara tidak langsung pula dapat membantu mempercepat danya pertumbuhan pada rambut.
  • Mengatasi permasalahan ketombe, ketombe sendiri merupakan sebuah gangguan pada rambut yang membuat orang terkadang menjadi risih. Dengan menggunakan aloe vera, masalah ketombe pada rambut juga dapat teratasi secara perlahan.
  • Memberikan kelembapan pada rambut, lidah buaya atau aloe vera juga berfungsi sebagai kondisioner rambut yang juga mampu melembapkan. Adapun kandungan lidah buaya untuk kulit, tidak turut absen dalam kebermanfaatannya untuk melembabkan kulit.
  • Mengatasi adanya minyak yang berlebih pada rambut, pengatasan masalah minyak berlebih ini akan menjadi lebih efektif saat menggunakannya secara rutin.

Baiklah, setelah mengetahui beberapa poin manfaatnya, saatnya sekarang kita buat shampo alami dari lidah buaya.

Dahulu, pada zaman nenek atau nenek buyut kita, sudah banyak juga yang menggunakan lidah buaya yang langsung dioleskan pada rambut. Caranya juga cukup hanya dengan mengupas bagian kulit luarnya, lalu mengoleskan secara langsung yang berupa gel itu ke atas kepala, kalau telaten bisa saja hingga pada ujung ujung rambut. Ini merupakan cara tersimple, tentu kamu juga sudah pernah mencobanya bukan? Namun, dengan cara seperti ini, agak kurang pas digunakan karena akan berbau dan terasa kurang nyaman.

Cara membuat shampo lidah buaya:

  • Persiapkan lidah buaya, bisa langsung dicabut dari tumbuhan yang ada di sekitar. Diamkan beberapa jam hingga getah yang ada sedikit mengering. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi bau yang tak sedap, selain itu pula getah pada lidah buaya tidak baik jika langsung dioleskan ke rambut.
  • Siapkan juga madu.
  • Siapkan pula air mawar, atau essense minyak mawar sebagai bahan pewangi.
  • Persiapkan mangkok dan juga sendok.
  • Lalu siapkan pula air bersih.

Langkah langkah berikutnya:

  1. Setelah dikeringkan, kadar getahnya juga sudah menjadi sedikit hilang, lalu kupas kulit lidah buaya, ambil gel berwarna bening yang ada di dalamnya.
  2. Setelah itu, masukkan kurang lebih sebanyak ΒΌ gelas gel lidah buaya tersebut ke dalam mangkok yang telah disiapkan.
  3. Tambahkan dengan sesendok madu.
  4. Dengan bantuan sendok, campurlah seluruh madu dan juga gel aloe veranya, hingga tambahkan air sedikit demi sedikit. Dapat pula menggunakan bantuan blender, agar hasilnya lebih rata dan halus.
  5. Jangan lupa sambil diteteskan minyak mawar untuk memberikan aroma wangi, demi menghilangkan aroma aslinya.

Setelah shampo alami tersebut jadi, kamu hanya tinggal menggunakannya sebagai shampo untuk keramas. Sesekali lakukanlah pijatan pada kulit kepala, agar gel lidah buaya juga dapat meresap sempurna ke dalam kulit kepala. Dengan menggunakan shampo alami, tentunya juga akan berdampak pada lingkungan kita agar tidak tercemar.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *