Inilah Tahapan Make Up Natural untuk Acara Formal yang Tidak Ribet!

Banyak undangan kegiatan acara formal tapi belum tahu cara makeup wajah natural? Berarti kamu harus mengikuti langkah-langkah make up natural di bawah ini. Make up natural memang rasanya cocok dalam berbagai situasi, baik acara formal, semi formal, dan non formal.

Tren penggunaan makeup natural ini bahkan sedang naik daun dan menjadi semakin hits sejak para artis dan tokoh publik menggunakan jenis makeup ini. Tidak heran banyak yang menyukai makeup ini, hal ini karena makeup natural menonjolkan kecantikan alami dari seorang wanita tanpa harus membuatnya berbeda dibandingkan biasanya.

Makeup natural ini memperkuat dan menambahkan saja, tidak mengubah wajah dan penampilan secara keseluruhan. Selain itu, makeup ini juga cenderung lebih mudah diaplikasikan.

Gimana tahapan-tahapan makeup natural? Yuk ikuti beberapa langkah makeup natural di bawah ini!

  1. Membersihkan Wajah Sebelum Bermakeup

Baik sebelum menggunakan makeup ataupun setelah bermakeup, membersihkan wajah menjadi salah satu kegiatan penting yang harus dilakukan. Bersihkan wajah dengan facial foam atau facial wash untuk mengangkat kotoran dan bekas makeup yang menempel di wajah hingga bersih.

Jangan sampai lupa membersihkan wajah terutama setelah beraktivitas di luar ruangan yang terpapar polusi dan sinar matahari dan setelah bermakeup. Jika kamu lupa membersihkan wajah, maka siap-siaplah keesokan harinya kulit akan terasa lengket dan muncul bibit jerawat di wajah. Gunakan pencuci muka yang sesuai dengan jenis kulitmu juga ya!

  1. Menggunakan Moisturizer

Jangan langsung menggunakan foundation setelah membersihkan wajah! Gunakan moisturizer terlebih dahulu setelah membersihkan wajah. Hal ini karena moisturizer bermanfaat untuk melindungi kulit, menutrisi kulit, dan menjaga makeup agar long lasting di wajah. Pilih moisturizer yang sesuai dengan kondisi kulitmu. Jangan memilih moisturizer untuk kulit berminyak jika kulitmu tipe kering karena kulitmu akan semakin kering, begitupun sebaliknya. Jadi pilihlah moisturizer yang tepat untuk kulit.

  1. Menggunakan Primer Sebelum Foundation

Eits, setelah menggunakan moisturizer sekarang waktunya mengaplikasikan primer pada wajahmu. Primer ini bermanfaat untuk menjaga make up agar lebih tahan lama, menghasilkan warna kulit yang lebih merata, dan menyamarkan pori-pori di wajah. Setelah menggunakan primer, kamu bisa menggunakan foundation sehingga saat menggunakan foundation wajahmu semakin cerah dengan warna kulit yang merata.

  1. Menggunakan Foundation sebagai Dasar Make Up

Barulah sekarang saatnya kamu mengaplikasikan foundation ke wajahmu. Foundation ini ada yang berbentuk cair atau padat. Terlepas dari apapun bentuknya, pilih foundation yang mampu full coverage agar mempertahankan make up yang ada lebih lama dan merata.

Manfaat penggunaan foundation ini tidak jauh berbeda dengan primer yakni untuk menyamarkan noda hitam atau bekas jerawat di wajah, membuat wajah lebih halus dan cerah, dan membuat warna kulit menjadi rata sempurna. Pemakaian foundation tidak bisa dilakukan secara langsung pada seluruh wajah karena sifatnya cepat mengering. Jadi oleskan pada titik-titik tertentu di wajah lalu langsung ratakan agar hasilnya tidak belang.

  1. Menggunakan Maskara dan Pensil Alis

Sekarang waktunya kamu menggunakan pensil alis untuk menebalkan warna alis. Selain itu, sekarang sudah ada alat khusus yang dapat membentuk alis agar lebih indah. Alat tersebut berbentuk seperti cetakan alis yang bisa ditempelkan ke alis, lalu setelah itu kita bisa mulai menebalkan alis secara perlahan dengan mengikuti alur cetakan alis. Setelah alis ditebalkan, sikat alis agar bentuknya rapi dan tahan lama.

Barulah setelah itu, kamu bisa menggunakan mascara untuk membuat bulu matamu lentik. Jika bulu matamu termasuk yang pendek dan kurang lentik, coba gunakan mascara yang lebih tebal dan tahan lama agar bentuknya tidak mudah berubah dan lebih indah saat dipandang.

  1. Menggunakan Eyeshadow

Selesai urusan dengan alis dan bulu mata, sekarang percantik kelopak matamu dengan menggunakan eyeshadow. Agar riasan terlihat natural, biasanya warna eyeshadow yang digunakan adalah warna coklat tua, coklat muda, dan warna krem. Warna yang lebih muda seperti warna krem digunakan sebagai warna dasar, kemudian ditambahkan warna-warna lainnya.

Biasanya warna yang dipilih untuk menambal warna krem di kelopak mata adalah warna yang lebih gelap seperti coklat. Agar mata semakin terlihat cantik, gunakan shimmer keemasan di sudut dalam mata.  Warna eyeshadow juga bisa menyesuaikan dengan warna pakaian yang digunakan.

  1. Menggunakan Eyeliner

Jika kamu jarang menggunakan eyeliner, mungkin penggunaan eyeliner bisa jadi cukup sulit bagi pemula. Hal ini karena eyeliner ditempatkan di garis bawah dan garis atas mata. Bagi yang tidak terbiasa, menggunakan eyeliner bisa jadi terasa merepotkan karena harus dilakukan sangat perlahan agar eyeliner tidak melenceng dari garis mata yang menyebabkan rusaknya riasan. Namun menggunakan eyeliner ini cukup penting agar matamu terlihat lebih hidup.

Untuk mempercantik matamu dengan menggunakan eyeliner, pertama gunakan eyeliner pensil hitam di garis dalam mata atas. Setelah itu, gunakan eyeliner cair di garis mata bagian luar. Sentuhan terakhir yaitu dengan menggunakan eyeliner pensil warna krem di garis mata bagian bawah.

  1. Menggunakan Bronzer, Blush on, dan Highlighter

Mata sudah cantik, sekarang waktunya mempercantik area pipi dengan menggunakan bronzer, blush on, dan highlighter. Bronzer berguna untuk menegaskan struktur wajah sehingga digunakan di bawah tulang pipi wajah. Caranya menggunakannya yaitu dengan menyapu kuas bronzer dari bagian dekat telinga hingga tengah pipi lalu dibaurkan hingga merata.

Setelah bronzer, gunakan juga blush on dengan warna yang cantik dan natural seperti warna mauve. Caranya dengan menyapukan blush on di bulatan pipi dan ratakan dengan menariknya ke atas tulang pipi hingga terlihat menyatu di wajah. Barulah pada tahap terakhir, gunakan highlighter di puncak wajah.

  1. Menggunakan Lipstik Warna Natural

Langkah makeup natural paling akhir yaitu menggunakan lipstick atau lip cream dengan warna natural seperti warna mauve, warna nude, atau warna coklat muda. Biasanya makeup natural memang tidak menggunakan lipstick atau lip cream dengan warna yang terlalu menyala. Makeup natural biasanya ingin menonjolkan sisi soft dan alami dari wajah sehingga tidak menggunakan warna yang terlalu terang.

Referensi: https://review.bukalapak.com/beauty/7-inspirasi-makeup-natural-untuk-style-lebaran-2018-favorit-kamu-20308

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *