JADWAL GANJIL GENAP MASIH PANJANG

Terapkan Sistem Ganjil-Genap di Rasuna Said, Pemerintah ...
ilustrasi:Okezone.com

Warga Jakarta pasti sudah tau mengenai peraturan ganjil genap yang diterapkan di Ibukota Negara Indonesia. Bagi kamu para pendatang sudah seharusnya mengetahui peraturan yang dibuat demi mengurai kemacetan Jakarta. Kapan jadwalnya ganjil genap? Di mana saja rutenya? Terus, lewat mana kalau hari ini jadwal ganjil, sementara plat nomor kendaraan kita genap. Mari kita simak sebentar uraian berikut.

Jangan malu, banyak warga Jakarta sendiri masih belum mengetahui jalan mana saja yang menjadi rute ganjil genap Ibukota. Perhelatan Asian Games yang dilaksanakan di Jakarta dan Palembang menambah waktu dan perluasan rute pelaksanaan ganjil genap menjadi setiap harinya sampai tanggal 31 Desember 2018.

JADWAL GANJIL GENAP SAMPAI DESEMBER 2018

Peraturan ganjil genap diberlakukan setiap hari sampai akhir tahun 2018. Hal ini sesuai dengan Peraturan Gubernur DKI Jakarta tanggal 12 Oktober 2018 dengan Nomor 106 Tahun 2018 tentang Pembatasan Lalu Lintas dengan Sistem Ganjil Genap.

Pembatasan kendaraan ini dilakukan untuk mempermudah jalannya para tamu pada Asian Games kemarin. Namun, setelah Asian Games selesai, peraturan ini masih berlaku sampai akhir tahun 2018. Perluasan wilayah ganjil genap juga dilakukan sebagai antisipasi macetnya jalan-jalan protokol yang akan dilalui para tamu-tamu dari negara lain. Hal ini juga termaktub dalam isi peraturan gubernur Jakarta tersebut.

Pasca Asian Games, peraturan ganjil genap sedikit diberikan kelonggaran sehingga tidak berlaku pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional. Untuk jadwalnya sendiri, ganjil genap diterapkan dalam dua tahap. Pertama, pagi hari, ganjil genap diberlakukan pada pukul 06.00 WIB sampai 10.00 WIB. Kedua, pada sore hari, pada pukul 16.00 WIB sampai 20.00 WIB.

“Pemerintah suka bikin susah warganya ya”, eits…. jangan suudzan dulu. Sebelum adanya Asian Games, peraturan ganjil genap sudah ada. Pemerintah memberlakukan ini demi kepentingan dan kelancaraan perekonomian di Ibukota yang sering terhambat karena kemacetan.

PERLUASAN RUTE GANJIL GENAP

Sebelum Asian Games digelar, ganjil genap telah berlaku di jalan-jalan protokol yang dianggap sebagai daerah rawan kemaceta, antara lain, Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Sisingamangaraja, Jalan M.H Thamrin, dan sebagian Jalan Gatot Subroto atau lebih tepatnya di persimpangan Jalan H.R. Rasuna Said sampai Gerbang Pemuda.

Pada Peraturan Gubernur Jakarta Nomot 106 Tahun 2018, selain jalan-jalan yang disebut tadi, terjadi perluasan wilayah ganjil genap di wilayah-wilayah berikut:

  1. Jalan HR Rasuna Said
  2. Jalan MT Haryono, yaitu dari simpang Universitas Kristen Indonesia (UKI), simpang Pancoran, simpang Kuningan.
  3. Simpang Kuningan sampai simpang Slipi (Jalan Jenderal Gatot Subroto)
  4. Dari simpang Slipi sampai simpang Tomang (Jalan Jenderal S. Parman)
  5. Simpang Pemuda–simpang Kalimalang–simpang UKI (Jalan Jenderal D.I Panjaitan).
  6. Simpang Perintis sampai simpang Pemuda (Jalan Jenderal Ahmad Yani)
  7. Simpang Benyamin Sueb sampai Kupingan Ancol (Jalan Benyamin Sueb)
  8. Jalan Metro Pondok Indah
  9. Jalan R.A. Kartini

JALUR ALTERNATIF GANJIL GENAP

Enak sih naik kendaraan umum di Jakarta, mau apa aja ada. Kereta, metro mini, ojek, dan lain-lain. Tapi kalau gak kendaraan sendiri, tentu acara jalan-jalannya gak bisa roadshow terus, harus naik turun kendaraan umum pasti capek. Mudahnya sih naik motor, tapi kalau hujan pasti ribet. Nah, mau naik mobil pas pula lagi hari ganjil, sementara mobil cuma punya satu dan platnya genap. Capek deh….

Jangan khawatir, semua ada solusinya. Kalau naik mobil dengan plat genap pada hari ganjil atau sebaliknya, sebaiknya melalui jalan-jalan alternatif sebagai berikut:

  1. Lewat Jalan Perintis Kemerdekaan terus ke Jalan Suprapto dan Jalan Salemba seterusnya kalau kita berangkat dari timur.
  2. Lewat Jalan Warung Jati Barat terus Jalan Pejaten Raya, Pasar Minggu, Jalan Soepomo, dan Jalan Saharjo kalau kita berangkat dari selatan.
  3. Lewat akses Jalan Tol Cikampek terus ke Jalan Sutomo dan Jalan Dewi Sartika seterusnya kalau kita berangkat dari timur
  4. Lewat Jalan S.Parman terus ke Jalan Tomang Raya dan Jalan Cideng kalau kita berangkat dari utara.

Yaps, itulah alternatif ganjil genap yang dapat kita lewati ketika berada di Jakarta. Tetap lengkapi surat-surat kendaraan dan hati-hati di jalan.

Baca juga di sini https://review.bukalapak.com/amp/auto/peraturan-ganjil-genap-jakarta-rute-dan-jam-pelaksanaannya-68631

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *