Jajanan Tradisional untuk Tamasya

Hari ini mimin berencana untuk bertamasya berkeliling-keliling kota hendak melihat-lihat keramaian yang ada. Jadi nyanyi. Well, dari lagunya, mimin kelihatan akan berkeliling kota sore ini. Bukan bareng keluarga gengs, tapi bareng teman-teman, jadi kita mesti bawa sendiri makanannya dan dimakan bareng-bareng di tempat tamasya nanti. Nah, berhubung banyak dari kawan-kawan mimin yang udah bawa makanan asin dan berat, mimin ingin buat makanan manis aja boleh buat dessert buat camilan aja. Ada tiga resep legend yang selalu mimin bawa ke mana-ke mana, yaitu kue lumpur, kue serabi, dan kue cubit. Mudah sih menemukan jajanan tradisional ini di pasar atau toko-toko kue modern. Tapi, karena hari ini spesial, mimin akan buat sendiri dengan tangan dan usaha mimin sendiri. Untuk readers yang penasaran, langsung singsingkan lengan dan siapkan apron membuat kue haha!

Kue ini biasanya cocok banget dimakan pas sarapan atau tea time sore-sore. Berhubung kali ini akan dibawa bertamasya, jadi mimin akan buat porsi jumbo dan banyak ya readers. Langsung cek aja di bawah.

  1. Kue Lumpur

Kue yang satu ini lagi sering banget mimin share di mana-mana. Bukan karena mimin sedang banyak membuatnya loh ya. Hanya ingin memperkenalkan bahwa kue enak yang satu ini walaupun bukan berasal dari Indonesia. Tapi, setelah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia ternyata sangat disukai. Untuk membuatnya, siapkan kentang, terigu, vanili, gula putih, margarin, telur, dan topping-nya. Boleh menggunakan resep klasik, yaitu kismis atau bisa juga meses dan potongan buah lainnya. Pertama, rebus dan hancurkan kentang. Selanjutnya, lelehkan margarin dan kocok bersama dengan gula dan telur. Aduk semua bahan kecuali topping dan masukkan ke cetakan hingga setengah matang. Setelah itu, tambahkan topping dan tutup kemudian tunggu hingga kue benar-benar matang.

  1. Kue Cubit

Pinch cake atau kue cubit ini cukup terkenal lo rupanya. Ada salah satu channel favorit mimin namanya Hiho Kids  yang bahas tentang kue ini. Padahal, basis channel itu bukan dari Indonesia. Ya senang aja gitu liat ekspresi anak-anak nyoba berbagai jenis makanan dan minuman. Siapkan telur, tepung terigu, gula pasir, vanili, soda kue, margarin, baking powder, dan tidak lupa topping-nya. Pertama, lelehkan margarin, kemudian tambahkan bahan lainnya, kemudian kocok hingga rata. Jangan dulu masukan topping-nya sekarang ya readers karena akan dibawa untuk sore. Jadi, mimin harus membuatnya matang sempurna enggak pake leleh-lelehan, khawatir mengubah bentuknya jadi aneh readers hehe. Kalau sudah matang sempurna tinggal angkat deh.

  1. Kue Serabi

Kue serabi yang akan mimin buat sekarang ada kue serabi manis. Kalau biasanya ada serabi manis dan asin, kali ini akan mimin buat serabi manis. Untuk membuat kue ini pun tidak sulit kok readers. Campurkan bahan-bahan dasar adonan seperti gula, santan, garam, tepung beras, dan tepung terigu. Kalau suka warna klasik, jangan gunakan pewarna makanan ya. Kalau suka mewarnai kue ini dengan warna-warna cantik, bisa tambahkan pewarna alami seperti warna hijau dan merah muda. Setelah adonan tercampur rata, tinggal masukkan ke dalam cetakan serabi, kemudian tunggu hingga matang. Jangan lupa menyiapkan bumbu ginca supaya serabinya tambah manis ya readers.

Okay, mimin siap untuk pergi bertamasya dengan kue-kue manis buatan mimin. Semoga hari ini lancar dan tidak hujan ya readers. Happy cooking and don’t afraid to try.

Baca juga di sini https://review.bukalapak.com/food/ini-dia-resep-kue-lumpur-camilan-praktis-yang-cuma-butuh-8-bahan-membuatnya-23983

Gambar oleh Catatanefi, Tara’s Multicultural Table, sportourism.id, blibli.com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *