Jangan Panik, Cara Ajaib ini Bisa Hilangkan Gatal pada Bayi!

Kulit gatal dan memerah tentunya pernah dialami oleh banyak orang. Baik dewasa, laki laki, perempuan, anak anak, maupun bayi dapat terserang rasa gatal hingga iritasi. Kulit sebenarnya merupakan organ yang bertindak sebagai benteng pertahanan terhadap beragam elemen yang dapat mengancam tubuh, mulai dari terkena paparan sinar matahari hingga bahaya bakteri yang mengintai. Rasa gatal maupun ruam pada bayi juga dapat terjangkit dengan mudah, disebabkan karena seorang bayi masih memiliki kulit yang belum sempurna.

Pada bayi, struktur kulit dan lapisan epidermisnya lebih tipis sehingga ikatan antar selnya lebih lemah dan juga lebih halus. Selain itu, kulit bayi memiliki pigmen yang lebih sedikit sehingga tidak mampu mengatur temperatur atau suhu tubuh, tidak seperti anak anak yang lebih besar ataupun orang dewasa. Karena alasan inilah sering ditemukan adanya berbagai gatal pada bayi.

Adapun beberapa jenis penyakit kulit pada bayi juga pelu kita kenali, di antaranya:

  1. Biang keringat, yang paling umum ditemukan dari seluruh bayi yang ada. Biang keringat sendiri dapat terjadi pada wajah, leher, bahkan bokong bayi. Penyebabnya juga kaena udara panas, cuaca yang lembab maupun pakaian yang terlalu ketat sehingga dapat timbul kulit kemerahan disertai rasa gatal.
  2. Intertrigo, yang mengacu pada peradangan di lipatan tubuh. Biasanya terjadi pada lipatan lipatan paha bagian dalam, ketiak, bahkan dilipatan perut. Disebabkan karena adanya gesekan yang berlebihan.
  3. Eksim, dapat juga menyerang pada bayi. Ini termasuk peradangan hebat pada kulit yang menyerang kulit. Eksim ditandai adanya pembentukan gelembung kecil disertai dengan cairan. Eksim memang biasanya diturunkan dalam keluarga.
  4. Seborrhea, sejenis peradangan kulit pada bagian kulit atas, hingga menimbulkan adanya sisik pada kulit kepala, kulit belakang telinga, wajah, dan dada.
  5. Dermatitis kontak adalah inflamasi pada kulit yang terjadi karna kulit yang telah terpapar oleh bahan yang mampu menyebabkan reaksi alergi. Rasanya seperti terbakar hingga membuat bayi rewel terus.

Dan tiba saatnya untuk mengatasi gatal pada bayi. Kita sebagai orang dewasa harus mau untuk mendampingi bayi saat ia merasakan gatal, bisa dengan sigap memperhatikan sebab sebab ia menangis, atau bahkan dengan perilakunya yang menggaruk garuk bagian yang gatal. Setelah kita mengetahui, selanjutnya kita cegah dengan beberapa aturan di bawah ini:

 

Memilih Pakaian yang Tepat

Pakaian yang terlalu ketat dapat menyebabkan iritasi yang menyebabkan gatal pada kulit bayi. Untuk bayi Anda, sebaiknya pilihlah pakaian dengan bahan yang lembut, tidak kasar dan dapat dengan mudah menyerap keringat bayi.

 

Cuci Bersih Dahulu Pakaian Baru

Setelah membeli pakaian, sebaiknya jangan langsung dipakaikan kepada si kecil ya Bun. Karena pakaian yang baru tentu masih mengandung semprotan pengawet atau bahan kimia yang digunakan pada kain. Bila langsung dikenakan, bisa jadi bahan kimia tersebut dapat menempel di tubuh bayi yang dapat menyebabkan iritasi.

 

Mandikan Bayi dengan Air Hangat

Untuk mengatasi rasa gatal pada kulit bayi, sebaiknya gunakan air hangat untuk memandikannya. Justru air yang terlalu panas akan menyebabkan kulit bayi menjadi kering dan semaki gatal. Memandikannya juga jangan terlalu sering ya Bun.

 

Keringkan Tubuh Bayi secara Sempurna setelah Mandi

Pastikan Bunda mengeringkan tubuh kecil secara sempurna setelah mandi. Tubuh yang lembab juga dapat memicu bahkan memperparah adanya keadaan gatalnya loh.

 

Gunakan Krim Penghilang Gatal

Bunda juga dapat menggunakan krim penghilang gatal untuk bayi setelah memastikan tubuh bayi benar benar kering. Salah satu cara ini dapat mempercepat proses penyembuhan gatalnya. Beberapa rekomendasi krim untuk bayi dapat dilihat di: https://review.bukalapak.com/mom/9-rekomendasi-krim-bayi-untuk-mencegah-ruam-popok-29266

 

Memastikan Kebersihan Popok

Setelah bayi melakukan aktivitas pengeluaran kotoran, Bunda harus segera menggantinya dengan yang bersih. Bersihkan dahulu tubuh bayi yang terkena kotoran hingga benar benar kering. Bila tidak bersih, kemungkinan bakteri akan ikut menempel dan berkembang di dalamnya hingga membuat rasa gatal.

 

Jadi, tak perlu panik lagi kan Bunda?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *