Jangan Sembarangan Memberikan Madu Pada Anak, Perhatikan Pula dari Usianya!

Banyak diantara para orang tua yang memberikan segala hal yang terbaiknya kepada sang buah hatinya, termasuk memberikan madu untuk sang anak yang berusia kurang dari 1 tahun. Hal ini dikarenakan minuman yang berasal dari sarang lebah ini sudah dipercaya memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Namun tahukah Anda? Bahwa peran dari cairan yang memiliki rasa manis ini tidak boleh secara sembarangan diberikan kepada sang anak, karena ada batasan usia dalam memberikan cairan dari lebah yang harus diperhatikan dengan baik.

 Jangan Sembarangan Memberikan Madu Pada Anak, Perhatikan Pula dari Usianya!

Perlu untuk Anda ketahui dengan baik mengenai pemanis buatan ini yang memang tidak diperbolehkan untuk diberikan kepada bayi, terlebih lagi untuk bayi yang berusia kurang dari 1 tahun, hal ini pun juga dikarenakan beberapa hal yang wajib Anda ketahui agar Anda tidak melakukan kesalahan lagi dalam memberikan cairan manis ini kepada buah hati Anda. Meskipun cairan dari sarang lebah ini memiliki banyak manfaat dan kandungan gizi yang tinggi, namun bukan berarti Anda langsung memberikannya kepada sang anak, karena ada batasan usia yang perlu diperhatikan.

Berikut ini alasan mengapa madu tidak diperbolehkan untuk diberikan pada anak dibawah 1 tahun, yaitu:

  • Cairan ini memiliki kandungan berupa senyawa botulinum yang dapat mencegah adanya racun dalam tubuh, namun untuk bayi di bawah 1 tahun, organ pencernaan bayi belum matang, sehingga belum kuat untuk menangkal efek dari racun botulinum.
  • Cairan manis ini pun juga dapat menyebabkan keracunan makanan yang diakibatkan dari botulinum, sedangkan efek dari keracunan ini pun juga dapat mengakibatkan fatal, karena bisa menyebabkan kematian. Gejala awal yang terlihat yaitu bayi akan terasa pusing, menangis dan merasa kesulitan untuk menelan. Sedangkan reaksi yang terjadi yaitu 8 sampai 36 jam setelah buah hati mengkonsumsi cairan dari lebah.

Pada dasarnya tidak semua cairan yang berasal dari lebah ini memiliki kandungan berupa toksik botulinum. Sehingga Anda sebagai orang tua haruslah memperhatikan hal ini dengan sebaik mungkin. Karena memang hal ini pun sudah banyak sekali para orang tua yang memberikan madu, karena banyak orang yang beranggapan bahwa cairan manis ini mampu memberikan efek positif pada bayi, termasuk mampu memberikan kekebalan tubuh dan menjadikan bayi dapat tumbuh dengan cerdas. Namun untuk bayi yang belum berusia 1 tahun alangkah baiknya jika Anda tidak memberikannya terlebih dahulu. 

Sebagai orang tua yang baik tentunya tidak ingin kesehatan anak terganggu, sehingga agar anak terhindarkan dari segala hal yang dapat mengancamnya, maka perhatikan ulasan yang ada di atas yang memang tidak boleh diabaikan begitu saja. Jika Anda sudah terlanjur memberikan madu pada anak, maka hentikan kebiasaan tersebut dan apabila terjadi apa-apa pada bayi, maka segera konsultasikan pada dokter anak.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *