Jenis-Jenis Olahraga Pagi Selama Berpuasa

Olahraga memang terbukti bisa menjaga kesegaran dan kebugaran tubuh, namun apakah berolahraga bisa tetap dilakukan saat berpuasa? Memang jika menjalankan ibadah puasa tidak akan makan dan minum seharian, namun tidak boleh menghilangkan kegiatan olahraga pagi. Karena tubuh juga butuh keseimbangan dengan bergerak total.

Jenis-Jenis Olahraga Pagi Selama Berpuasa

Meskipun berpuasa, tetap bisa menjalankan rutinitas harian seperti kegiatan berolahraga. Ini bisa dilakukan di pagi dan sore  hari, apakah tidak membuat tubuh semakin lemas? Tentu saja tidak, malahan membuat kondisi tubuh tetap fit dan bisa menjalani hari seperti biasanya.

Namun harus melihat dulu kegiatan olahraga apa yang jadi pilihan Anda, saat berpuasa lebih baik memilih olahraga ringan dan berada di dalam ruangan saja. Tetap berkeringat dan sehat, namun tidak akan membuat Anda mengalami kelelahan berlebih.

4 Kegiatan Olahraga Pagi yang Direkomendasikan Saat Berpuasa

Berenang

Kata siapa tidak boleh berenang saat berpuasa, hanya saja Anda tidak boleh menelan airnya. Lagi pula air di kolam renang rasanya sedikit berbeda dengan air putih bulan, melakukan olahraga renang di pagi hari akan membuat tubuh menjadi segar dan berenergi.

Hal ini karena air memiliki sifat dingin, kenapa tidak berenang setiap pagi saja agar lebih bersemangat saat berangkat ke kantor nantinya. Tetapi karena ini di bulan puasa, lebih baik mengurangi intensitas berenang, jika sebelumnya satu jam penuh maka bisa berkurang jadi 30 menit.

Bersepeda

Tidak begitu suka dengan air dan terkurung dalam ruangan, kenapa tidak bersepeda keliling kompleks di pagi hari. Selain bisa menghirup udara segar, Anda juga bisa melihat aktivitas di pagi hari, bahkan berinteraksi dengan tetangga.

Bersepeda saat puasa malahan bisa lebih pagi lagi, manfaatkan waktu tersisa setelah salat subuh. Ini tentu masih terlalu pagi untuk berangkat ke kantor, maka dari itu lebih baik bersepeda sekitar 30 menit dan dapatkan udara segar yang menyenangkan.

Yoga

Menyukai ketenangan, ada baiknya ikut dalam olahraga pagi yoga bersama ibu-ibu yang seumuran. Ini bisa dilakukan di dalam ruangan atau di halaman rumah. Bisa tetap menjaga kesehatan, mengontrol emosi bahkan menjaga keseimbangan tubuh. Ini jenis olahraga yang tepat saat berpuasa, dimana Anda harus menahan hawa nafsu bahkan emosi setiap harinya.

Berjalan Santai

Mau lebih santai lagi, kenapa tidak berjalan santai saja setiap pagi di sekeliling rumah. Ini tidak membutuhkan banyak modal, cukup keluar rumah dan hirup udara segar. Sangat cocok untuk anak-anak hingga lansia, bahkan bisa semakin menjaga hubungan dekat.

Selain lebih sehat jika beraktivitas selain tidur kembali, Anda juga mendapatkan banyak manfaat baru dan tidak akan malas untuk pergi ke kantor. Pasalnya hampir semua orang memilih tidur kembali setelah sahur, bahkan bangun kesiangan dan terasa malas untuk bekerja.

Lakukan olahraga pagi minimal 30 menit akan membuat kondisi tubuh tetap fit, selain itu berolahraga di bulan puasa tidak akan menguras banyak energi. Sebaliknya akan membuat puasa tetap berjalan dan tidak terlalu lama memikirkan waktu berbuka.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *