Kandungan Kacang Almond yang Baik untuk Susu Ibu Hamil 7 bulan

 

( Foto : Daily Mail )

 

Bagi seorang ibu hamil yang tengah mempersiapkan hari kelahiran, mengkonsumsi bahan makan yang tepat untuk janin dan ibu hamil sendiri amatlah penting seperti mengkonsumsi makanan untuk memperbanyak ASI misalnya. Salah satunya adalah susu almond yang turut menjadi pilihan para ibu hamil dalam menyempurnakan asupan nutrisinya.

 

Kacang almond sendiri telah menjadi bahan makanan yang diandalkan sejak dahulu kala. Entah kapan tepatnya kacang ini ditemukan, namun berdasarkan beberapa kisah mengatakan bahwa kacang ini telah menjadi kudapan para Raja di zaman Pharao Mesir. Melalui perdagangan di jalur sutra, kacang almond akhirnya sampai di daratan mediterania terutama Spanyol dan Italia.

Sebagai alternatif produk susu ibu hamil 7 bulan yang baik, susu almond memiliki manfaat bagi kesehatan ibu hamil dan janin di antaranya ;

 

  1. Mencegah risiko cacat lahir pada anak,

Dengan kandungan asam folat yang ada, susu almond bermanfaat untuk mencegah kerusakan tabung saraf bayi yang bisa menyebabkan cacat janin.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat,

Almond kaya akan lemak tidak jenuh yang mampu menurunkan LDL yaitu kolesterol jahat, dan meningkatkan HDL yaitu kolesterol baik. Berdasarkan sebuah penelitian diketahui bahwa dengan mengkonsumsi almond setiap harinya biSA menurunkan kolesterol jahat sebanyak 15%.

  1. Mengurangi Tekanan Darah,

Kandungan kacang almond akan kalium, membuat susu ini berkhasiat dalam menjaga keseimbangan tekanan darah. Selain itu senyawa alfa-tokoferol yang ada dalam susu almond juga turut berperan dalam mengurangi tekanan darah.

  1. Kaya Akan Kalsium,

Tidak kalah dengan susu sapi, susu almond juga mengandung kalsium yang dapat menyehatkan tubuh.

  1. Memberikan Manfaat Vitamin A, D, dan E

Vitamin A bermanfaat untuk kesehatan mata, sedangkan Vitamin D mampu memaksimalkan penyerapan kalsium, dan Vitamin E merupakan salah satu kelebihan susu almond, karena dengan kandungan ini dapat memberikan manfaat kesehatan dan kecantikan pada kulit.

( Foto : Parent )

Para penggiat eating clean biasanya mengolah susu almond sendiri di rumah, cara ini mungkin dapat diikuti oleh para ibu dalam membuat susu ibu hamil 7 bulan di rumah :

Bahan yang harus disiapkan :

  • 1 cangkir kacang almond mentah
  • 3 cangkir air Panas untuk rendaman pertama
  • 3 cangkir air untuk rendaman kedua
  • 3 cangkir air untuk campuran saat diblender
  • 3 – 4 sendok makan madu.

 

Cara Membuat :

  • Panggang kacang almond selama kurang lebih 10 menit,
  • Lalu rendam kacang almond yang telah dipanggang di dalam sebuah baskom yang telah diisi air panas selama 1 jam,
  • Lalu pindahkan ke dalam baskom lainnya berisi air dengan suhu normal, biarkan selama minimal 8 jam.
  • Lalu pindahkan lagi ke dalam baskom berisi air dengan suhu normal, masukan kacang almond Bersama air secara bertahap ke dalam juicer sehingga menjadi susu almond.
  • Setelah seluruh kacang telah habis dimasukkan ke dalam juicer, campur kembali ampas almond yang tersisa dengan air dan proses kembali ke dalam
  • Tambahkan madu pada susu almond.

 

Susu almond dapat bertahan selama 3 hari jika disimpan di dalam kulkas dan hanya kuat beberapa jam saja jika disimpan di dalam suhu ruangan. Saat ini aneka produk susu almond bubuk sudah banyak dijual di pasaran, khususnya di online shop dan social media. Sehingga akan menjadi lebih mudah bagi anda yang sedang mencari susu ibu hamil 7 bulan yang kaya nutrisi sekaligus merangsang produksi ASI, atau menjadi makanan untuk memperbanyak ASI perah di masa menyusui nantinya.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *