Manfaat Lubang Resapan Air

teknik biopori
teknik biopori

Teknik biopori atau disebut juga dengan lubang resapan air adalah sebuah metode yang berguna untuk mengatasi genangan air. Teknik yang digunakannya adalah dengan membuat lubang resapan hingga ke dalam lapisan tanah sehingga dengan mudah air akan meresap ke dalam lubang tersebut. Cara seperti ini tentu saja membawa banyak manfaat selain untuk lingkungan manusia, makhluk hidup lainnya seperti fauna yang ada dalam tanah serta tumbuhan juga merasakan manfaatnya.

Manfaatnya pertama adalah untuk kebersihan lingkungan tempat tinggal manusia. Seperti yang kita ketahui jika air yang menggenang dapat mencemari lingkungan karena bisa saja digunakan nyamuk berkembang biak. Selain itu jalanan juga akan terlihat tidak indah dan tentunya penggunanya juga tidak akan merasa nyaman dengan adanya genangan air tersebut. Teknik ini tentunya akan mengatasi semua permasalahan tersebut sehingga manusia dapat merasakan keindahan dan kenyamanan di lingkungannya.

Sedangkan manfaat yang kedua adalah untuk fauna yang ada di dalam tanah tentu saja mereka mendapat kenyamanan dengan adanya lubang resapan ini. Keberadaan sampah organik yang biasanya digunakan untuk menutupi lubang resapan ini dapat menghidupi fauna-fauna tersebut. Selain bermanfaat untuk fauna sampah organik tersebut juga bisa berperan sebagai pupuk kompos yang tentunya dapat membantu perawatan tanaman yang ada di sekitarnya.

Dalam teknik biopori yang sederhana ini terjalin kerja sama antar makhluk hidup yang tentunya saling menguntungkan. Fauna yang hidup di dalam lubang resapan tersebut akan membentuk pori-pori di dalam tanah yang nantinya menjadi jalan untuk air resapan. Kita sebagai orang yang membuatnya juga tidak perlu memikirkan bagaimana agar air dapat meresap cepat ke dalam tanah karena fauna di dalam sudah menentukan arah resapannya. Salam Aktivitas Rutin

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *