Kenali Jenis Diet untuk Menurunkan Badan Secara Efektif

Mengatur pola makan atau diet adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan. Beberapa ilmuan dalam bidang kesehatan bahkan memberikan klaim bahwa diet memberikan pengaruh besar pada tubuh. Bahkan dengan diet yang tepat dan tanpa olahraga ke tempat fitness pun, lemak dalam tubuh bisa luntur dengan cepat. Kelebihan diet dalam menurunkan berat badan membuat banyak orang tertarik untuk mencobanya. Sayangnya, tidak semua orang mampu melakukan diet dengan benar. Bahkan banyak dari mereka yang mengartikan diet sebagai pengurangan makan atau malah tidak makan sama sekali. Di bawah ini ada beberapa jenis diet sehat yang bisa diterapkan agar berat turun secara efektif.

Kenali Jenis Diet untuk Menurunkan Badan Secara Efektif

Diet Tinggi Protein

Sesuai dengan namanya, diet ini dilakukan dengan mengonsumsi makanan-makanan yang tinggi kandungan protein dan membatasi konsumsi karbohidrat dari biji-bijian, buah-buahan, dan sayur-sayuran. Minimnya asupan karbohidrat ini menjadikan tubuh membakar lebih banyak lemak sebagai reaksi alami tubuh dalam menghasilkan energi. Jenis diet ini aman jika dilakukan dalam jangka waktu yang pendek, tetapi bukan berarti tanpa risiko. Jika dilakukan dalam waktu lama, akan muncul masalah kesehatan seperti kolesterol tinggi akibat konsumsi daging merah dan produk-produk berbahan susu lemak yang mengandung protein tinggi. Ada baiknya untuk berkonsultasi ke dokter sebelum memutuskan untuk melakukan diet protein ini.

Diet Mayo

Diet mayo adalah jenis diet yang berfokus pada pengurangan asupan karbohirat dengan memperbanyak asupan lemak dengan menyisipkan grapefruit sebagai salah satu menu utama di dalamnya. Diet grapefruit ini mengandalkan enzim pembakar lemak yang sangat efektif menurunkan berat badan hingga 2 kg dalam 12 hari. Konsumsi rendah kalori yang mengutamakan buah yang bernutrisi tinggi ini memang sangat disarankan. Namun, jika penurunan berat badan terjadi secara drastic, maka diet ini tidak lagi direkomendasikan. Hal ini karena dapat menghilangkan cairan dan massa otot.

Diet Shake

Diet Shake dilakukan dengan konsumsi susu diet yang rendah kalori. Berdasarkan penelitian di tahun 2010, diet shake ini mengandung nutrisi makro essensial bagi tubuh yang berhasil menurunkan berat badan pada partisipan yang mengalami obesitas. Bukan hanya itu saja, diet shake juga mampu mengubah komposisi tubuh termasuk perbaikan komponen radang dan stress oksidatif yang memicu penyakit kronis. Jenis diet ini dapat menjadi pilihan bagi Anda yang tidak punya banyak waktu untuk menyiapkan makanan sehat.

Diet yang Dianjurkan

Penurunan berat badan yang terjadi secara signifikan cenderung tidak dapat dipertahankan dalam jangka waktu yang lama. Karena itu, dianjurkan untuk melakukan diet yang menawarkan penurunan berat badan secara bertahan, 0.5 kg hingga 1 kg dalam seminggu. Penurunan berat badan ini akan membuat Anda menjadi lebih mudah untuk mengontrolnya. Mulailah dengan mengonsumsi sayur-sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian sebagai menu pengganti makanan berkalori. Pilihlah makanan yang memiliki gizi seimbang yang diperlukan, sehingga mampu menghilangkan lapar dan tidak mengganggu diet Anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *