Kenali Macam Macam Alergi Kulit pada Bayi Berikut!

 

Ibu, kita tentu menyadari bahwa tahun pertama pertumbuhan si kecil pasti sangat rentan terhadap berbagai penyakit. Tidak terkecuali penyakit kulit. Keluhan paling mudah ditemui adalah gatal dan kemerahan. Hal ini disebabkan oleh lapisan kulit bayi yang belum terbentuk sempurna dan berfungsi efektif. Struktur kulitnya pun tipis sehingga sangat mungkin timbul ruam pada bayi. Ruam ini ditandai dengan munculnya bintik kemerahan pada kulit sebagai awal peradangan. Ruam ini pula bisa dikatakan merupakan suatu reaksi alergi pada tubuh bayi. Alergi pada bayi ada banyak macamnya. Oleh karena itu, ibu harus mengetahui macam macam alergi kulit pada bayi agar dapat menghindari faktor risikonya.

  1. Alergi Makanan

Reaksi alergi yang dipicu dari makanan cukup banyak terjadi pada anak. Biasanya, reaksi alergi muncul beberapa saat setelah mengonsumsi makanan tertentu. Reaksi alergi ini yang paling ringan adalah bintik merah dan gatal. Namun pada kondisi alergi yang lebih parah, dapat menyebabkan pembengkakan pada bibir, lidah, dan saluran napas. Selain itu juga bisa menimbulkan diare. Jika pada kulit, selain bintik merah pada titik tertentu, bintik merah ini bisa jadi muncul di sekujur tubuh yang mirip dengan campak. Pada bayi yang asupan nutrisinya bergantung dari ASI, maka ibu lah yang berperan penuh dalam mengontrol makanan apa yang akan diberikan kepada bayi. Ada pun makanan pencetus alergi yang paling sering antara lain produk dairy food (susu sapi dan turunannya), telur, kacang kacangan, dan makanan laut.

  1. Alergi Obat

Obat pun dapat memicu timbulnya alergi pada tubuh. Reaksi ini dikarenakan pelepasan neurotransmitter tubuh yang bernama histamin. Histamin akan bereaksi terhadap sesuatu yang masuk ke tubuh yang dianggap berbahaya atau alergen. Nah, alergi pada obat ini bisa berbahaya, karena reaksi yang paling berat disebut dengan reaksi anafilaksis. Kondisi ini terjadi ketika sesaat setelah minum obat, bayi menjadi sesak napas, denyut nadi meningkat, dan terjadi pembengkakan sekujur tubuh. Jika sudah begini, jangan ragu untuk membawanya ke IGD. Namun pada kondisi yang tidak terlalu parah, reaksinya biasanya hanya gatal dan bisa mereda dengan pemberian obat antihistamin atau obat anti alergi.

  1. Alergi Suhu

Macam macam alergi kulit pada bayi selanjutnya adalah alergi terhadap suhu. Sebenarnya alergi suhu ini bisa alergi terhadap udara dingin atau udara panas. Namun yang lebih sering terjadi adalah alergi saat terpapar udara dingin. Alergi ini menyebabkan kulit memerah, bengkak, serta gatal saat terpapar udara dingin. Saat terkena udara dingin, pembengkakan dan kemerahan ini bersifat sementara, namun akan semakin membengkak saat udara menghangat. Keluhan lainnya adalah bayi menjadi sering bersin dan hidung menjadi kemerahan.

  1. Dermatitis Kontak Alergika

Dermatitis kontak alergika adalah alergi yang disebabkan kulit terkena atau bersentuhan suatu bahan tertentu. Reaksi alergi ini memang merupakan bentuk alergi yang hipersensitif. Pada orang biasa mungkin berkontak dengan bahan tersebut adalah hal biasa, namun pada penderita dermatitits kontak alergika ini, saat kulit bersentuhan dengan bahan tertentu, bisa menjadi gatal, kemerahan, bahkan membengkak dan melepuh. Salah satu contohnya adalah alergi terhadap logam emas. Emas yang biasa digunakan sebagai anting anting atau perhiasan, jika dikenakan pada orang yang alergi emas dapat menimbulkan gatal. Atau bisa jadi alergi terhadap bahan pencuci pakaian, sehingga untuk menghindarinya, ibu bisa mencuci baju anak menggunakan sabun pencuci baju khusus bayi.

Referensi : https://review.bukalapak.com/mom/9-rekomendasi-krim-bayi-untuk-mencegah-ruam-popok-29266

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *