Kenali Penyebab Perut Kembung pada Bayi dan Cara Mengatasinya

Kondisi yang masih sensitif terhadap lingkungan memang membuat bayi rentan terhadap beberapa hal seperti kebersihan dan lainnya. Selain itu, ibu harus mengenali juga sikap bayi yang berubah seperti rewel. Hal tersebut merupakan suatu respons bayi terhadap apa yang dirasakannya seperti masalah perut kembung pada bayi. Pada dasarnya kondisi seperti ini tidak terlalu serius, namun biasanya ibu akan panik terlebih dahulu ketika mendapati bayi rewel.

Agar bayi tidak semakin rewel, ibu juga harus tahu apa saja penyebab perut kembung pada bayi, di antaranya :

  1. Posisi Menyusui yang Kurang Tepat

Posisi menyesui yang benar memang akan berpengaruh terhadap jumlah ASI yang dikonsumsi oleh bayi. Jika posisi ibu menyusui kurang tepat, bayi akan terlalu banyak mengonsumsi banyak udara. Nah, ibu harus memperbaiki cara menyusui bayi dengan cara meletakkan kepala bayi lebih tinggi dibandingkan dengan perut bayi. Posisi tersebut akan membuat susu masuk ke dasar perut dan udara akan naik keatas, sehingga bayi akan mudah untuk bersendawa.

Jika bayi susah untuk melakukan sendawa, cara mengeluarkannya ibu bisa memposisikan bayi dalam keadaan duduk dan menggerakkan bayi secara pelan. Selain cara tersebut, ibu juga bisa mengeluarkan sendawa bayi dengan cara menggendong bayi dalam posisi tegak ataupun meletakkan bayi di atas bahu.

Tidak hanya berlaku untuk menyusui saja, posisi tersebut juga bisa diaplikasikan ketika ibu memberikan ASI dalam bentuk dot. Untuk mencegah udara yang masuk secara berlebih, ibu bisa membeli dot bayi yang cocok dengan ukuran mulut bayi.

  1. Sistem Pencernaan yang Belum Matang

Kondisi bayi memang memungkinkan untuk mengalami perut kembung, hal tersebut dikarenakan sistem pencernaan bayi belum bisa mengolah hasil makan secara sempurna.

  1. Bayi Sering Menangis

Bentuk respons bayi salah satunya adalah menangis. Jika bayi terlalu lama menangis maka secara otomatis akan semakin banyak udara yang masuk. Hal tersebut menjadi salah satu penyebab perut kembung pada bayi.

  1. Konsumsi Makanan yang Bergas

Ketika bayi berumur di atas 6 bulan, bayi sudah bisa mengonsumsi berbagai makanan. Namun demikian, untuk mengurangi dampak dari penyakit perut kembung pada bayi, sebaiknya ibu mengurangi konsumsi sayuran yang bergas.

  1. Tidak Cocok dengan Produk Susu Formula

Beberapa masalah perut kembung bayi dikarenakan tidak cocok minum susu formula. Hal tesebut dikarenakan intoleransi laktosa yang dikarenakan produk enzim lactase pada bayi yang belum sempurna.

  1. Penggunakan Kipas Angin yang Berlebihan

Pada musim panas, memang bayi akan mudah berkeringat dan mengakibatkan ruam atau bintik merah pada beberapa bagian tubuh. Walaupun demikian, pengunaan kipas jangan terlalu berlebihan karena hal tersebut bisa mengakibatkan perut kembung pada bayi. Sebaiknya gunakan kipas kecil untuk bayi agar udara yang dihasilkan tidak terlalu besar.

Setelah mengetahui beberapa penyebab perut kembung pada bayi, berikut ini cara mengatasi perut kembung pada bayi :

  1. Tummy Time

Cara untuk mengatasi perut kembung pada bayi adalah dengan cara melakukan berbagai aktivitas yang dominan mengajak bayi tengkurap. Selain itu, tummy time ini juga dapat mengembangkan fungsi motorik bayi.

  1. Pijat Perut Bayi

Ketika bayi mengalami perut kembung, ibu bisa memijat bayi perlahan pada bagian perut bagian atas. Hal tersebut berguna untuk mendorong keluarnya gas menuju lubang angin.

So, ibu harus tanggap terhadap masalah bayi ini sehingga bayi tetap sehat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *