Kesalahan-kesalahan Perawatan Kulit yang Tetap Dilakukan Hingga Sekarang

Wajah merupakan bagian tubuh manusia yang memiliki kulit sensitif. Hal ini membuat beberapa orang mengalami masalah-masalah yang cukup serius sehingga memerlukan perawatan kulit khusus. Namun perawatan yang dilakukan seseorang belum tentu tepat dan benar. Perawatan yang salah dapat menyebabkan kontraproduktif pada kulit. Berikut adalah beberapa kesalahan yang sering dilakukan.

Kesalahan-kesalahan Perawatan Kulit yang Tetap Dilakukan Hingga Sekarang

Kulit Semakin Terlindungi dengan SPF tinggi

Mitos perawatan kulit yang satu ini sangat familiar tentunya. Dimana sebagian besar orang beranggapan bahwa SPF yang melindungi kulit dari sinar ultraviolet jika dipakai dalam porsi yang banyak akan membawa manfaat. Namun justru sebaliknya, pemakaian yang berlebihan akan menjadikan kulit semakin gelap. Dianjurkan memakai SPF 15 atau kurang untuk menjaga keseimbangan kulit.

Mencukur Rambut Wajah Membuatnya Semakin Tebal

Mencukur rambut dipercaya malah akan membuat pertumbuhan rambut semakin subur, sehingga akan mengganggu penampilan seseorang. Namun hal ini keliru. Mencukur rambut hanya membuat ujung rambung menjadi kasar, sehingga terlihat lebih tebal. Sedangkan pertumbuhan rambut sama sekali tidak bertambah banyak.

Krim Wajah Membuat Kulit Tampak Lebih Muda

Beberapa orang memercayai bahwa dengan memakai krim untuk kulit wajah akan memberi manfaat pada kulit. Namun hal ini tidak sepenuhnya benar. Sebuah krim hanya akan memberi manfaat apabila di dalamnya terdapat tabir surya. Bahkan belum ada penelitian ahli yang menjelaskan bahwa krim kulit dapat menghentikan penuaan kecuali yang mengandung tabir surya.

Krim Vitamin E untuk Menyamarkan Luka

Vitamin E sebenarnya dapat membawa masalah bagi kulit yang disebut dermatitis kontak. Penelitian menunjukkan bahwa vitamin ini tidak memiliki efek apapun untuk menyamarkan luka.

Menyembuhkan Jerawat dengan Memencetnya.

Memencet jerawat hakikatnya akan menimbulkan masalah baru bagi kulit. Infeksi akibat memencet jerawat akan menyebar ke area lain yang menimbulkan munculnya jerawat baru.

Air Laut Menyembuhkan Luka

Jika Anda berpikiran untuk menggunakan air laut sebagai perawatan kulit, perlu dipertimbangkan akibat yang mungkin muncul, karena justru kandungan garam yang tidak steril akan memperparah keadaan kulit Anda.

Tabir Surya Tidak Berguna Saat Cuaca Mendung

Pola pikir seperti ini justru keliru, karena cuaca mendung bukan berarti bebas dari sinar UV. Sebaiknya pakailah tabir surya meskipun saat cuaca mendung.

Menyikat Kulit Untuk Menghilangkan Selulit

Menyikat kulit untuk menghilangkan selulit benar-benar tidak akan menghilangkan selulit, karena letaknya yang di bawah kulit, bukan pada permukaan kulit.

Cara Menghindari Melakukan Kesalahan Perawatan Kulit

Jika Anda adalah seseorang yang merasa memerlukan perawatan tertentu pada kulit Anda, hendaklah konsultasikan kepada dokter kulit, karena perawatan yang salah mungkin malah akan membahayakan diri Anda sendiri. Beberapa mitos perawatan kulit yang keliru di atas sebaiknya Anda hindari agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *