4 Informasi Terbaru Mengenai Pola Makan Sehat yang Tidak Diketahui Banyak Orang

Sejak kita masih kecil tentu orangtua sudah sering mengingatkan agar makan secara sehat, supaya pertumbuhan dan kesehatan tubuh terjaga. Ada berbagai aturan dalam pola makan, mulai dari wajib memperbanyak makan sayur dan buah sampai menikmati segelas susu setiap hari. Namun ternyata, berdasarkan sebuah informasi terbaru mengenai pola makan rupanya ada beberapa pengaturan yang dianggap keliru. Sehingga ada aturan baru yang menyediakan solusi untuk menikmati pola makan sehat namun tidak membuat orang super sibuk kesulitan untuk mengaplikasikannya.

Pola Makan Sehat yang Jarang Diketahui

Banyak sekali tips mengenai pengaturan pola makan agar menjadi sehat dan bermanfaat, namun tidak semua tips ini terbukti secara nyata. Rupanya ada beberapa pola makan menyehatkan yang tidak diketahui orang banyak, diantaranya adalah:

  • Tidak perlu pusing menghitung kalori,

Umumnya orang dengan berat badan berlebih ketika bersantap akan sibuk berhitung, satu bahan makanan kalori sekian dan ditambah makanan lain kalorinya menjadi sekian. Memperhitungkan kalori terlalu berlebihan bisa membuat tubuh sulit mencerna makanan karena rangsangan otak akibat tubuh yang takut menerima kalori berlebih.

Baca Juga:MANFAAT TEH UNTUK KESEHATAN DAN KECANTIKAN

  • Cerdas dalam mengelola rasa lapar yang muncul,

Rasa lapar memang bisa datang kapan saja, seringnya orang dengan masalah obesitas mengenal rasa lapar sebagai tanda perut kosong. Padahal tidak selalu demikian, bisa jadi perut terasa lapar akibat tubuh kekurangan cairan karena minum yang terlalu sedikit. Baiknya cerdas dalam mengenali rasa lapar, ketika jam makan menikmati makanan bernutrisi maka dijamin tidak mudah kelaparan sebelum jam makan berikutnya. Pahami informasi terbaru tentang pola makan supaya rasa lapar yang muncul tidak selalu diobati dengan makan.

  • Santap perlahan dan sisakan sedikit di piring,

Pada saat makan akan lebih aman bagi pencernaan jika tidak tergesa-gesa sebab membuat lambung maupun usus bekerja dua kali lipat. Terlebih jika makanan tidak dikunyah sampai lembut maka akan menyebabkan kerja lambung semakin keras. Baiknya dinikmati perlahan supaya makanan tercerna dengan baik dan nutrisi di dalamnya terserap tubuh seluruhnya. Jangan lupa pula mencoba menyisakan makanan di piring supaya perut tidak terlalu penuh dan efektif mengendalikan rasa lapar agar tidak makan berlebihan.

  • Tetap rutin menikmati segelas susu,

Banyak orang sengaja menghapus susu dalam daftar menu makanan hariannya, padahal makanan cair ini kaya akan nutrisi. Tidak melulu mengandung lemak dan kalori tinggi sebab menjadi sumber protein terbaik selain telur maupun aneka jenis daging. Susu pun kaya akan vitamin dan mineral, sehingga segelasnya saja sudah mampu memenuhi nutrisi yang berasal dari sayur maupun buah-buahan. Mengkonsumsinya secara rutin baik untuk pencernaan, maka pahami informasi terbaru soal pola makan agar sehat tanpa menghapus susu dalam menu.

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *