Cara Sehat dengan Olahraga Ringan

Memiliki tubuh yang sehat merupakan dambaan setiap orang. Tidak ada yang lebih berharga dari tubuh yang sehat. Apalagi jika kesehatan tubuh dibarengi dengan kesehatan jiwa, maka hidup seakan terasa sempurna. Namun nyatanya, memiliki kehidupan sehat tidak semudah yang dibayangkan. Banyak faktor yang menyebabkan kehidupan manusia sehari-hari rentan dengan hal-hal yang mengganggu kesehatan fisik maupun batin, mulai dari berbagai penyakit, kuman, salah memilih makanan, hingga rutinitas yang membuat stress. Oleh sebab itu, setiap orang mesti peduli dengan kesehatannya masing-masing. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan melaksanakan olahraga yang teratur. Berikut ini adalah ulasan mengenai cara sehat dengan olahraga ringan yang dapat dilakukan di dalam rumah.

Merenggangkan Tubuh Sehabis Bangun Tidur

Ketika bangun tidur, otot-otot tubuh akan kaku. Sebaiknya, Anda melakukan gerakan-gerakan perenggangan ringan setelah bangun tidur di pagi hari. Misalnya, dengan mengangkat kedua tangan ke atas kepala, menggerak-gerakkan kaki, memutar kepala agar leher tidak kaki, dan berbagai gerakan ringan lainnya merupakan cara sehat yang sangat mudah dilakukan. Biasakan untuk bangun tidur di pagi hari sebelum matahari terbit agar bisa merenggangkan tubuh dan berolahraga lebih lama.

Berjalan Kaki Selama Lima Belas Menit Setiap Hari

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang berjalan kaki setidaknya lima belas menit setiap hari cenderung lebih sehat dan lebih panjang umur dibandingkan dengan orang yang jarang berjalan kaki. Ketika berjalan kaki, hampir semua anggota tubuh dan indera akan dilibatkan. Selain berfungsi membakar kalori, berjalan kaki, terutama jika dilakukan di luar rumah dan lingkungan yang sejuk, akan membiasakan Anda menghirup udara yang segar. Berjalan kaki setidaknya lima belas menit setiap hari, utamanya di pagi hari sebelum matahari mulai meninggi, dipercaya akan membuat panjang umur, membuat tubuh lebih sehat, dan menghindarkan seseorang dari stress berat.

Berusaha Berdiri Setiap Duduk Selama Dua Jam

Terlalu banyak duduk, apalagi jika tidak dibarengi dengan mengkonsumsi air putih yang banyak, akan membuat tubuh rentan sakit. Banyak sekali jenis penyakit yang menjangkiti para pekerja kantoran terutama mereka yang terlalu lama duduk di meja kerja hingga berjam-jam setiap harinya. Untuk mengimbangi posisi duduk yang cenderung kaku dan terlalu membebani ginjal, usahakan untuk berdiri dan melakukan perenggangan persendian badan setiap duduk selama dua jam. Berdiri dan berjalan ke kamar mandi untuk mencuci muka atau mengambil air putih untuk diminum merupakan aktifitas ringan yang akan sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Itulah cara sehat dengan olahraga ringan yang dapat dilakukan di waktu senggang atau di sela-sela kesibukan. Selain mudah dilakukan, jenis gerakan dan olahraga tersebut juga tergolong murah dan bahkan tidak perlu mengeluarkan beaya.

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *