Hindari Jajanan dengan Bekal Makanan Bergizi

Aneka Jajanan
Aneka Jajanan

Banyaknya ditemukan kasus anak keracunan makanan, menderita cacingan, dan penyakit gangguan pencernaan seperti diare disebabkan oleh aneka jajanan yang tidak sehat yang sering dikonsumsi dan sangat digemari anak-anak. Hal ini perlu diwaspadai karena biasanya jajanan tidak sehat tersebut menggunakan zat kimia berbahaya seperti pewarna, penyedap rasa, hingga bahan pengawet yang dapat mengganggu kesehatan anak. Usia sekolah adalah usia masa pertumbuhan sehingga peran orangtua sangat penting untuk memilih makanan sehat agar tumbuh kembang anak optimal dan terhindar dari berbagai penyakit.

Membekali anak ke sekolah dengan makanan yang dibuat sendiri dari rumah adalah salah satu cara yang bijaksana agar anak terhindar dari aneka jajanan tidak sehat. Bekal makanan yang diberikan harus sesuai dengan jadwal makan anak dan harus terpenuhi kebutuhan gizinya.

Berikut ini ada beberapa tips agar anak menyukai makanan bekal:
1. Ajaklah anak berdiskusi saat menentukan bekal makanannya.

2. Usahakan agar menu makanan tidak sama setiap hari dan bervariasi agar anak terhindar dari kebosanan.

3. Jangan terlalu banyak membekali camilan yang manis karena dapat mengenyangkan sehingga saat waktunya tiba untuk makan, anak tidak memiliki nafsu untuk makan.

4. Buatlah bentuk makanan semenarik mungkin karena biasanya anak sangat tertarik dengan penampilan makanan yang menarik.

Pilihlah makanan yang bertekstur lunak sehingga mudah dicerna, jangan gunakan bumbu terlalu tajam pada makanan seperti penggunaan cuka, cabai, dan lada karena bumbu tersebut sering mengganggu pencernaan anak yang sepenuhnya belum bekerja secara optimal.

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *