Inovasi Kantong Teh Biodegradable

Hot Tea
Hot Tea

Kantong teh telah mendapat inovasi berarti dengan dibuatnya kantong yang biodegradable atau dapat terurai di tanah. Jenis kantong ini jelas lebih ramah lingkungan karena tidak akan menjadi sampah yang sulit membusuk jika dibuang ke tanah. Sebaliknya, kantong biodegradable dapat membantu menyuburkan tanah layaknya kompos.

Kenapa bisa begitu? Karena kantong biodegradable dibuat dari kertas yang berasal dari serat kayu dan serat sayuran yang ketika dibuang ke tanah serat-serat tersebut akan memecah dan menjadi kompos. Kantong biodegradable juga memiliki tingkat polypropylene (bahan kimia plastik) yang lebih rendah sehingga jauh lebih aman.

Untuk membuat Kantong teh sepenuhnya biodegradable, perusahaan di Inggris juga menggunakan benang dari serat tumbuhan, bukan sintetis. Selain itu, kantong tidak lagi distapler tapi dijahit. Saat digunakan sebagai kompos, kantong sebaiknya disobek-sobek untuk membantunya lebih cepat terurai. Sertakan pula ampas teh karena bermanfaat juga untuk menyuburkan tanaman.

Tahukah Anda? Selain lebih ramah lingkungan, kantong teh biodegradable juga dapat membuat rasa dan aroma teh lebih tersimpan baik dan terjaga kealamiannya. Terutama pada teh yang memang dipertahankan rasa dan aroma alaminya seperti teh hijau dan pur-eh tea. Semoga kantong biodegradable segera dikembangkan di Indonesia agar para penikmat teh semakin mendapatkan kualitas terbaik.

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *