Jenis Makanan Sehat untuk Penderita Diabetes

Penyakit diabetes adalah penyakit dimana kadar gula darah sangat tinggi melebihi kadar normal. Ada 2 type penyakit diabetes ini yaitu type diabetes 1 dan 2. Untuk type diabetes 2, penderitanya wajib menjaga pola makan karena memiliki kelainan sel yang tidak maksimal dalam menggunakan insulin untuk menetralisir kadar gula darahnya. Menjaga pola makan bagi penderita diabetes type 2 bisa dilakukan dengan mengatur asupan gula dari berbagai bahan makanan. Cara yang paling sederhana adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat sesuai diet yang dianjurkan oleh dokter.

Makanan yang sehat bagi penderita diabetes adalah makanan yang mengandung kadar gula sedikit namun kaya akan protein. Makanan yang baik untuk orang normalpun belum tentu bisa baik untuk para penderita diabetes karena mereka memiliki diet yang berbeda-beda tergantung kadar gula darah saat itu. Meski begitu, tetap ada jenis-jenis makanan yang relatif aman dikonsumsi bagi para penderita diabetes dengan kadar gula berlainan karena dalam makanan tersebut mengandung nutrisi yang justru bisa membantu insulin untuk bekerja maksimal.

Buah-buahan merupakan jenis makanan yang relatif aman dikonsumsi. Namun tak semua buah bisa dikonsumsi dalam jumlah bebas seperti pisang yang memiliki kadar gula cukup tinggi. Berikut ini adalah jenis buah yang baik dikonsumsi karena bisa membantu daya tahan si penderita diabetes:

  • Buah kiwi.
  • Ceri.
  • Jambu biji.
  • Persik.
  • Berries.
  • Apel.
  • Pir.
  • Pepaya.

Meski begitu, beberapa buah juga bisa menyebabkan masalah gangguan lain misalnya maag seperti pada buah yang berasa sangat asam.

 Baca Juga: MAKANAN SEHAT YANG WAJIB DIKONSUMSI

Makanan sehat lainnya yang bisa dikonsumsi dengan aman oleh penderita diabetes adalah biji gandum. Tepung biji gandum memiliki kadar karbohidrat dan protein tinggi namun rendah gula. Anda bisa menggunakannya untuk membuat roti sebagai menu sarapan atau pasta dan mie untuk menu makan siang. Heavermout dan oat juga memiliki kandungan vitamin dan mineral tinggi untuk membantu asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh yang pastinya kurang tercukupi karena menu diet yang diwajibkan.

Ada baiknya dalam menentukan menu diet bagi penderita diabetes, dokter keluarga memberikan arahan mengenai menu yang dilarang. Seminggu sekali ceklah kadar gula Anda untuk menentukan apakah menu diet tersebut masih relevan. Selain jenis makanan sehatkadar atau jumlahnya juga perlu diperhitungkan karena sangat berpengaruh pada kandungan nutrisi di dalamnya apalagi jika makanan tersebut memiliki kadar gula. Selain dari makanan, aktifitas sehari-hari juga perlu diperhatikan agar tubuh tetap bugar dan sehat seperti melakukan olah raga ringan secara rutin. Keteraturan dalam pola makan dan aktifitas merupakan obat yang sangat mujarab bagi para penderita diabetes terutama penderita diabetes type 2.

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *