Kiat Jitu Melakukan Gaya Hidup Sehat untuk Orang Lanjut Usia (Lansia)

Pada umumnya banyak orang memilih bekerja keras dimasa mudanya supaya pada usia lanjut mereka dapat menikmati kehidupan yang lebih baik. tetapi tahukah Anda bahwa banyak orang yang memimpikan hal itu tetapi terhalang dengan gaya hidup sehat yang tidak dijalani pada usia kerja. Akibatnya yang seharusnya umur 60-70 sudah bersantai-santai menikmati hidup tetapi harus menanggung penyakit yang dideritanya akibat tidak terlalu menghiraukan kesehatan. Bahkan ada seorang lansia yang diwajibkan meminum obat seumur hidupnya karena penyakit yang dialami.

Maka dari itu penting untuk tetap menjaga kesehatan diri sendiri ataupun lingkungan sekitar agar bisa menikmati masa tua dengan kesehatan dan kebahagiaan. Banyak hal yang perlu Anda perhatikan dalam menjaga kesehatan, antara lain:

  • Makanan yang dikonsumsi.

Yang mempunyai kebiasaan selalu mengkonsumsi makanan yang kurang sehat pada usia mudah lebih baik segera batasi sebelum Anda masuk lansia dan semakin parah kemungkinan penyakit yang bisa diderita. Misalnya saja kebiasaan makan junkfood, fastfood, streetfood atau jenis makanan lainnya. Hal pertama yang dapat Anda lakukan untuk membiasakan gaya hidup sehat adalah dengan rajin mengkonsumsi buah serta sayur. Kedua jenis bahan makanan tersebut banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh baik saat Anda muda ataupun masuk pada lansia.

  • Perhatikan waktu istirahat.

Selain dari makanan yang baik untuk dikonsumsi Anda juga harus selalu memperhatikan waktu istirahat yang baik. Istirahat identik dengan waktu tidur, umumnya tidur 8 jam untuk orang dewasa dalam sehari sudah dikatakan cukup. Jangan pernah menggantikan jam tidur, maksudnya disini adalah terlalu tidur larut malam lalu bangun siang. Karena hal itu tidak bisa menggantikan jadwal tubuh untuk melakukan metabolisme yang tepat.

Baca Juga:POLA GAYA HIDUP SEHAT YANG MUDAH DIJALANI SEJAK USIA MUDA

  • Lakukan olahraga rutin.

Akan lebih baiknya membiasakan hidup sehat dengan menjaga aktivitas rutin untuk berolahraga. Untuk olahraga sendiri tidak mesti identik dengan kegiatan fisik yang berat, Anda bisa melakukan senam, yoga, zumba atau lainnya. Jenis olahraga sendiri juga bisa disesuaikan dengan usia Anda, setelah memasuki usia 60 keatas bisa menggantinya dengan olahraga ringan seperti jalan sehat.

  • Suasana lingkungan yang menyenangkan.

Beban pikiran salah satu yang membuat Anda lebih mudah stress dan berakibat buruk untuk kesehatan, baik dalam jangka panjang atau pun pendek. Maka dari itu Anda harus ciptakan suasana lingkungan yang menyenangkan dan harmonis.

Banyak yang mengatakan bahwa kesehatan itu mahal sekali harganya, maka dari itu jaga semuanya sebelum terlambat. Jangan sampai Anda merasakan penyakit di usia lanjut akibat kesalahan pada usia muda yang tidak consent dengan olahraga secara baik. Jadi setelah Anda membiasakan diri untuk menjalani gaya hidup sehat sejak dini bukan tidak mungkin tiba usia lanjut Anda masih terlihat sehat, segar dan bahagia.

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *