Panduan Memilih Makanan dan Minuman Sehat untuk Wanita Hamil

Banyak wanita yang dilarang untuk mengkonsumsi makanan ini minum itu karena kondisi janin yang masih muda. Hal itu tentu saja mempunyai tujuan untuk tetap menjaga baik kesehatan dan perkembangan janin sampai dengan melahirkan. Sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan dan minuman sehat supaya tidak terjadi hal-hal yang mengkhawatirkan misalnya seperti keguguran. Atau mungkin juga banyak gangguan lain yang sering dialami oleh ibu hamil pada trimester pertama seperti mual, muntah sampai dengan hilangnya nafsu makan. Padahal mengingat usia kandungan yang kecil masih sangat dibutuhkan berbagai nutrisi baik untuk mendorong perkembangan bayi.

Karena larangan-larangan yang diberikan saat hamil muda terkadang membuat para perempuan bingung menentukan makanan dan minuman seperti apa yang baik untuk dikonsumsi. Nah, berikut ini ada beberapa panduan dalam memilih makanan dan minuman saat hamil yaitu:

  • Sereal.

Morning sickness merupakan salah satu hal yang sering dialami oleh para ibu-ibu yang mengandung. Hal itu tentunya ditandai dengan kondisi muntah, mual ataupun lainnya pada pagi hari. Secara langsung hal tersebut akan memberikan batasan kepada Anda saat akan mengkonsumsi makanan, tetapi Anda bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi sereal. Kandungan gandum utuh dan beberapa vitamin yang ada didalamnya membuat sereal sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil.

  • Konsumsi susu.

Selanjutnya untuk membuat kondisi janin tetap sehat dan kuat untuk berkembang Anda bisa membantunya dengan memberikan minuman sehat yaitu susu. Dipasaran sendiri banyak jenis susu ibu hamil yang ditawarkan dengan berbagai kelebihan masing-masing. Anda bisa menentukan sesuai keinginan dan rasa yang menjadi selera. Yang paling utama adalah memperhatikan kandungan baik dalam susu tersebut seperti mineral, protein dan beberapa vitamin lainnya.

  • Utamakan buah dan sayur.

Mengkonsumsi makanan dari bahan makanan buah dan juga sayur merupakan salah satu cara baik untuk menjaga kesehatan ibu dan calon bayi. Seperti yang diketahui bahwa kedua bahan tersebut menyembunyikan beragam vitamin atau nutrisi banyak yang dibutuhkan oleh tubuh manusia terutama ibu hamil.

  • Ikan laut.

Kandungan omega 3 dalam ikan laut ternyata dapat membantu pembentukan otak calon bayi Anda. Jadi Anda bisa jadikan ikan sebagai salah satu alternatif untuk variasi menu setiap harinya supaya otak anak lebih baik dan cerdas saat lahir.

Jika Anda merasa bosan dengan berbagai jenis makanan diatas bisa ditambahkan juga dalam daftar menu makanan dari bahan kacang-kacangan. Karena kacang dipercaya menyimpan banyak energi dan juga nutrisi baik untuk kesehatan ibu dan janin. Dan yang penting lagi adalah selalu mengkonsumsi minuman sehat alami yaitu air mineral. Jangan sampai Anda dehidrasi dan membuat janin kekurangan cairan dalam tubuh. Selain itu juga Anda bisa menambah dengan mengkonsumsi vitamin yang dapat membuat kandungan lebih kuat.

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *