Kesuksesan Kerja Sama Promo Telkomsel untuk Driver Ojek Online

( Foto : Rakyat Cirebon )

Telkomsel kembali dengan jeli melihat peluang bisnis yang cerah. Sekitar 5 bulan yang lalu secara resmi Telkomsel bekerjasama dengan dua perusahaan penyedia aplikasi Ojek online terbesar di Indonesia yaitu GoJek dan Grab. Setelah berhasil dengan Tcash, yaitu layanan keuangan digital yang dapat dengan mudah diisi ulang, sebagaimana diterangkan di https://review.bukalapak.com/techno/begini-cara-isi-ulang-saldo-tcash-19681.

 

Telkomsel merupakan perusahaan penyedia jasa selular yang telah ada sejak tahun 1995, dikenal dengan nama simPATI. Saat ini telkomsel sudah memiliki 178 juta pengguna di seluruh Indonesia, yang didukung dengan menara pemancar berjumlah 146.000. Atas dasar inilah di dalam situs resminya, telkomsel menyatakan diri sebagai operator selular terbesar di Indonesia, yang mampu melayani seluruh konsumen dari Sabang sampai Merauke.

 

Saat ini pekerja ojek online sudah sangat menjamur, untuk penyedia aplikasi ojek online GoJek saja memiliki 1 juta mitra, sedangkan Grab sudah mencapai ratusan ribu mitra. Semua pengemudi dari kedua penyedia aplikasi ini tersebar di berbagai kota di Indonesia.

 

Bentuk kerjasama yang disepakati adalah seluruh driver dari kedua perusahaan apilikasi ojek online ini, dapat membeli paket bulanan seharga Rp75.000. Dengan harga itu para driver telah mendapatkan kuota telepon ke sesama operator tanpa batas, kuota telepon ke sekian operator selama 200 menit, kuota sms sebanyak 500 kali sms, dan quota internet sebesar 15 GB. Paket ini diberi nama paket internet siap online.

 

Normalnya untuk harga paket Rp73.000 per bulan konsumen hanya mendapatkan quota internet 6 GB dan telepon sesama telkomsel selama 120 menit. Sangat jauh perbedaannya dengan keuntungan yang  ditawarkan promo telkomsel paket internet siap online.

( foto : Telset )

Tentunya sangat menggiurkan apalagi dikeluarkan oleh operator besar Telkomsel yang terkenal dengan harga paketnya yang mahal. Produk ini pastinya sangat menguntungkan bagi kedua belah pihak. Para driver terbantu karena memang dalam aktivitasnya membutuhkan kuota internet yang besar dan biaya yang murah untuk menelepon. Sedangkan keuntungan Telkomsel sudah tidak diragukan lagi. Bayangkan satu juta pengemudi Gojek dan ratusan ribu pengemudi Grab semua membeli paket ini setiap bulannya, lalu dikalikan 12 bulan. Hasilnya berupa angka bisnis yang tidak sedikit.

 

Jika produk ini sukses apakah promo Telkomsel ini akan ditawarkan untuk umum?

 

Hmm… sepertinya sih tidak mungkin Telkomsel akan memberikan harga semurah ini secara umum. Kecuali¬† yang dilakukan adalah kelanjutan dari program pengemudi Ojek Online ini. Entah bagaimana bentuk programnya, namun jika Telkomsel bisa menarik para pengemudi melakukan referral, maka angka bisnisnya akan lebih besar lagi. Bayangkan jika seluruh driver berhasil mendapatkan 2 pelanggannya beralih ke Telkomsel dan membeli paket ini, maka total nilai bisnis bisa menjadi tiga kali lipat.

 

Fenomena ojek online memang memberikan perubahan yang sangat signifikan. Dan Telkomsel berhasil memanfaatkan fenomena ini dengan sangat baik. Terdapat banyak sisi dari ojek online yang bisa dimanfaatkan. Jika Telkomsel bisa memanfaatkan kebutuhan pengemudi akan kuota pulsa, masih terdapat sisi-sisi lainnya yang bisa dimanfaatkan. Seperti halnya mobilitas yang tinggi bisa dimanfaatkan perusahaan untuk melakukan branding atau kebutuhan konsumsi dasar para drivernya dapat dimanfaatkan oleh Perusahaan Perbankan dan Asuransi untuk menawarkan produk cicilan rumah, kendaraan, atau asuransi kesehatan dan pendidikan.

 

Wah kalau lihat peluang seperti ini pasti banyak perusahaan yang sudah mendekati GoJek dan Grab untuk bekerja sama. Selanjutnya kira-kira perusahaan apa ya yang bekerja sama dengan Gojek dan Grab?

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *